Medan, 19/1 (Antara) - Vaksinasi tambahan untuk bayi dinilai cukup penting demi untuk memberikan perlindungan yang maksimal pada "sang buah hati" dari terserang berbagai penyakit.

Pengamat Kesehatan Universitas Sumatera Utara (USU) dr Delyuzar di Medan, Kamis, mengatakan, imunisasi adalah salah satu cara tepat untuk menjaga kesehatan anak, agar ia terhindar dari berbagai penyakit infeksi.

Saat ini pemerintah telah menyediakan Imunisasi Dasar untuk anak yang terdiri dari Imunisasi BCG, Polio, Hepatitis B, DPT, Hib, dan Campak.

"Nah selain itu ada juga vaksinasi tambahan yang tentunya jika diberikan pada bayi akan semakin menambah daya tahan tubuhnya pada berbagai penyakit lainnya," katanya.

Ada beberapa imunisasi tambahan yang direkomendasikan IDAI agar diberikan pada anak seperti Hib, PCV, MMR, Tifoid, Hepatitis A, Varisela, HPV dan Rotavirus.

Ia mengatakan, mengingat pentingnya vaksinasi bagi anak, tentunya orang tua tidak boleh lengah untuk selalu mengingat jadwal rutin imunisasinya sehingga benar-benar tepat demi melindungi sang buah hati.


Beberapa penyakit yang dapat dicegah dengan mengikuti jadwal rutin diantaranya adalah radang paru-paru, meningitis atau radang selaput otak, hepatitis, campak dan kanker mulut rahim.


Terkait imunisasi tambahan, yang paling penting terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter anak. Tentunya dokter yang lebih tahu jenis vaksin apa yang sebenarnya duluan paling dibutuhkan oleh sang bayi.

"Artinya apapun yang akan kita lakukan terhadap sang buah hati, kita lebih baik terlebih dahulu harus berkonsultasi dengan dokter anak," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017