Tapanuli Selatan,5/12 (Antarasumut)-Badan jalan longsor dan jatuh atau amblas ke dalam jurang lebih dari 50 meter menyebabkan sejumlah Dusun di Desa Batu Horing, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan terisolir.

Kepala pelaksana BPBD Ahmad Ibrahim Lubis turun kelokasi bersama stafnya setelah mengetahui  bencana tersebut dari tim relawan BPBD Kecamatan, Senin.

Ditengah monitoring bencana banjir sungai Garoga di Kecamatan yang sama Batangtoru yang menghanyutkan satu rumah beserta lebih tiga puluh meter ruas jalan.

Pantauan Antarasumut badan jalan yang putus total itu sepanjang lebih kurang dua puluh meter dengan lebar sekitar 4 meter beraspal posisinya persis ditepi tebing curam.

Amblasnya ruas jalan menyebabkan akses antar Dusun dari dan ke Dusun Satu menuju Dusun 2, 3, 4, 5, dan Dusun 6 (masuk desa Batu Horing) terisolir, kenderaan bermesin tidak bisa keluar masuk.

Untuk melintas warga hanya memamfaatkan bahu tebing jalan licin sekira 30 sentimeter dipinggir jurang ditambah batang  kayu pohon bulat sebagai pijakan kaki apabila menaiki kenderaan roda dua. Bahaya memang!

Pandi Waruhu (31) penduduk hendak kembali pulang ke Dusun enam Baringin dengan berjalan kaki bersama isteri dan anaknya kepada Ahmad Ibrahim dilokasi berharap sangat ruas jalan rusak itu dapat diperbaiki.

"Ruas jalan ini cukup penting sekali sebab satu-satunya sarana memperlancar alat transportasi menghubungkan antar dusun yang dihuni ribuan jiwa tersebut," ujar Pandi kental logat niasnya.

Memang kata dia ada ruas jalan alternatif keluar dari desa mereka lintas Anggoli, Kabupaten Tapanuli Tengah itu pun bisa ditempuh dengan berjalan kaki dengan jarak belasan kilometer, bahkan sejumlah titik juga mengalami hal sama longsor.

Desa Batu Horing terdiri 6 dusun, Batu Horing sendiri masuk dusun satu,  dusun II Simarlayang-layang, dusun 3 Silahiya, dusun 4 Aek Goti, dusun 5 Paronggangan, dusun 6, Beringin.

Menurut Pandi  Jarak antara dusun satu sampai dusun enam mencapai lebih 12 kilometer, di pada ruas jalan amblas dan sudah ada pernah seorang pengendara bersama sepeda motor rodanya terjun kejurang tersebut, beruntungnya tidak sempat korban.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016