Medan, 17/10 (Antarasumut) - Gubsu HT Erry Nuradi mengharapkan kain tenun khas Batak (Ulos) bisa mendunia dan dikenakan oleh tokoh-tokoh dunia.

‘’Kita berharap pemimpin dunia maupun artis Hollywood dapat mengenakan ulos  dalam penampilan mereka,’’ sebut Erry pada perayaan Hari Ulos 2016 di Hotel Danau Toba Internasional Medan, Senin (17/10).

Erry menyebutkan peringatan Hari Ulos ini merupakan yang kedua setelah tahun 2014, dimana ulos ditetapkan pemerintah sebagai warisan budaya tak benda Indonesia tepat tanggal 17 Oktober.

Lebih lanjut Erry juga menyebutkan, ulos memiliki sejarah panjang yang sangat penting bagi masyarakat batak, kain yang awalnya sebagai untuk menghangat tubuh saat udara dingin, kini sudah menjadi tren dan gaya hidup.

"Sudah mulai banyak pakaian yang menggunakan ulos seperti jas, kemeja hingga gaun sehingga memiliki daya tarik dan daya jual tinggi,’’ ujar Erry.

Bahkan, Erry menyebutkan, Presiden RI Joko Widodo dan para menteri serta kepala sangat suka dan bangga memakai pakaian berbahan ulos saat menghadiri perayaan karnaval Kemerdekaan RI pada tanggal 21 Agustus lalu.

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016