Medan, 30/9 (Antarasumut) - Pemerintah Kota Medan menggelar festival kuliner sebagai salah satu upaya mempromosikan potensi pariwisata yang ada di daerah itu

"Kami berharap festival ini dapat mempromosikan pariwisata Kota Medan melalui daya tarik kuliner. Selain itu dapat meningkatkan kemampuan pelaku kuliner sehingga dapat bersaing di era MEA," kata Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin saat membuka festival kuliner, di Medan, Jumat.

Selain menyajikan keanekaragaman pangan lokal, ajang yang digelar dalam rangka untuk menggerakkan roda perekonomian  dan pariwisata itu, juga diisi dengan hiburan dalam bentuk akustik band dan band lokal.

Kemudian demo masak (food carving), bazaar kuliner yang diikuti 38 stand, talk show serta stand up comedy.

Menurut Eldin, keterpaduan dan kekayaan khasanah budaya lokal yang dimiliki  Kota Medan sangat mempengaruhi warna-warni citra rasa khas daerah dalam bisnis kuliner di ibukota Provinsi Sumatera Utara itu.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, Eldin mengatakan Kota Medan mengalami perkembangan yang cukup menggembirakan dalam lima tahun belakangan ini.

Hal itu ditandai dengan dibukanya berbagai gerai usaha makanan, baik itu makanan khas nasional maupun dari negara lain.

"Keberadaan kuliner yang khas dan mampu memanjakan setiap penikmatnya, tentunya akan semakin meningkatkan daya tarik Kota Medan sebagai kota tujuan MICE di Indonesia," katanya.

Guna mendukung suskesnya kegiatan itu, ia berpesan agar juru masak beserta seluruh peserta festival tidak pernah berhenti berinovasi dengan berbagai sajian hidangan yang berciri khas budaya daerah,kreatif dan bervariasi.

"Dengan demikian makanan yang dihasilkan semakin memberikan khas tersendiri dan mendalam bagi setiap penikmatnya," katanya.

Sebelumnya, Plt Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan, Hasan Basri mengatakan kegiatan itu digelar sebagai bentuk apresiasi kepada pelaku kuliner atas dedikasi mereka selama ini, sehingga kuliner Kota Medan mampu menjadi daya tarik wisatawan untuk datang.

"Untuk itulah kita menggelar festival ini. Artinya, kita memberikan ruang kepada para pelaku kuliner untuk menyajikan keanekaragaman kuliner Kota Medan yang sudah tidak diragukan lagi kelezatan dan kenikmatannya," katanya. 

Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016