Bandung, 25/9 (Antara) - Kontingen Sumatera Utara baru berhasil mengumpulkan 14 emas hingga hari kesembilan PON XIX tahun 2016 di Jawa Barat dan masih menempati peringkat kelima klasemen sementara.

Informasi yang dihimpun Antara di Bandung, Minggu, kontingen Sumut sementara mengkoleksi 46 medali, yang terdiri dari 14 emas, 12 perak, dan 20 perunggu.

Ke-14 medali emas tersebut diraih melalui cabang olahraga wushu sebanyak 9 emas masing-masing oleh Junita Malau, Dasman Tua Simbolan, Mei Yulia Nengsih Kurniati, Hendrik Tarigan, Charles, Rosalina Simanjuntak Harris Horatius, Juwita Niza Wasni, dan Lindswell.

Dua emas dari cabang olahraga karate oleh Iwan Bidu Sirait dan Kumite Beregu Puteri, dua drumband dari nomor Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) 2x400 meter campuran dan Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) 2x400 meter Putera.

Kemudian, satu medali emas tambahan dari cabang biliar yang diraih Marlando Sihombing dari nomor Snooker English Billiard Single Putera.

Sementara 12 medali perak diraih melalui cabang olahraga gulat (M Muqsit Redha), Wushu (Dessy Indri Astuti, Elika Beru Tarigan, Aldy Lukman, Jodis, Eric Losardi, Wilbert Sanjaya, Fredy, Charles), Drum Band (Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) 1x600 meter Putri dan Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB) 4.000 meter Campuran).

"Masih ada beberapa cabang olahraga lain yang berpotensi menyumbangkan medali, seperti dari cabang gulat yang saat ini sedang berlangsung," kata Ketua Kontingen PON Sumut Jhon Ismadi Lubis. 

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016