Labuhanbatu Selatan, 19/7 (Antarasumut) - Sebanyak 420 calon jamaah haji (CJH) asal Kab. Labusel mengikuti manasik (pelatihan) ibadah haji. Tahun ini CJH asal Kab. Labusel diperkirakan masuk dalam keloter tiga.

"Sudah tiga hari ini para calon jamaah mengikuti manasik. Rencananya kegiatan ini dilakukan selama delapan hari. Selanjutnya para calon jamaah juga akan mengikuti manasik di tingkat kabupaten," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Labusel, Chairul Syam, Selasa di Kotapinang.

Manasik harus diikuti seluruh CJH, untuk menambah pengetahuan tentang pelaksanaan dan tata cara ibadah haji, sehingga diharapkan menjadi haji mabrur. 

Menurutnya dia, hingga kini tidak ada kendala dalam persiapan pemberangkatan para CJH. Selain manasik, para CJH dalam waktu dekat ini juga masih harus mengikuti pemeriksaan kesehatan tahap kedua. 

Dalam kegiatan ini, pihaknya bekerja sama dengan Pemkab Labusel yakni Dinas Kesehatan untuk melaksanakan pemeriksaan di RSUD Kotapinang.

Chairul menambahkan, pada musim haji tahun ini hampir dipastikan CJH Kab. Labusel masuk dalam keloter tiga dan beberapa diantaranya bergabung dengan CJH asal Kab. Labura yang diperkirakan masuk dalam keloter 13. 

Menurutnya, penentuan kelompok keberangkatan jamaah calon haji pada tahun ini tidak ditentukan melalui kur'ah melainkan dari proses pengurusan visa para CJH. "Kalau berkasnya cepat masuk dan selesai itulah yang berangkat lebih dahulu," katanya.




Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016