Medan, 30/8 (antarasumut) - USAID Prioritas Sumatera Utara terus mendorong peningkatan kualitas guru dan tenaga kependidikan di provinsi itu, diantaranya dengan menggelar berbagai pelatihan untuk guru dan calon guru.

Koordinator USAID Prioritas Sumut Agus Marwan di Medan, Selasa, mengatakan, calon guru yang sedang melakukan Praktik Kuliah Lapangan (PKL) juga menjadi perhatian.

Karena itu guru pembimbing lapangan beserta dosen pembimbing perlu diberikan pembekalan agar lebih maksimal mendampingi calon-calon guru berkualitas.

Untuk itu, berbagai pelatihan terus digelar, yang semata-mata memberikan bekal tambahan bagi guru dan calon guru sehingga lebih memahami cara mengajar yang di depan kelas.

Pelatihan itu melibatkan dosen-dosen pembimbing lapangan dari Unimed dan UIN Sumut, Guru Pamong dari sekolah mitra, serta mahasiswa PKL.

"Dengan kegiatan ini, diharapkan terbangun sinergitas antara dosen, guru, dan mahasiswa PKL dalam mengimplementasikan `active learning` di sekolah-sekolah," katanya.

Pengamat pendidikan Universitas Negeri Medan Prof Abdul Hamid mengatakan, guru adalah salah satu pilar utama untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas.

"Sehingga peningkatan mutu guru sangat penting dilakukan. Pembekalan calon-calon guru perlu terus dilakukan agar guru-guru berkualitas bisa menghasilkan generasi bangsa yang cerdas pula," katanya.  

Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016