Rantauprapat, 5/8 (Antarasumut) - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, berupaya meningkatkan produktifitas pangan diantaranya dengan menyebar 150 ton benih padi pada petani untuk mendorong swasembada pangan nasional.

Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap, di Rantauprapat, Kamis, mengatakan pemerintah telah memprogramkan ketahanan pangan secara nasional, dan dalam hal ini penanganan pangan lebih diprioritaskan.

"Manfaatkan bantuan benih padi itu dengan baik, demi peningkatan produktifitas pangan di Labuhanbatu kedepannya," katanya.

Kabupaten Labuhanbatu mendapat bantuan kegiatan teknologi tanam jajar legowo non irigasi seluas 6 ribu hektar, benih padi 150 ton, bantuan pengembangan tanaman jagung 725 hektar dan mesin pertanian untuk 154 kelompok tani di 24 desa yang tersebar di delapan kecamatan.

Dalam kesempatan itu ia juga berharap dengan adanya bantuan tersebut dapat menjaga ketahanan pangan secara nasional di Labuhanbatu

"Jaga kepercayaan yang telah diberikan dan Dinas Pertanian agar menginventarisasi bantuan benih agar benar-benar disalurkan ke masyarakat," katanya.
     
Dandim 0209/Labuhanbatu Letkol Inf Berkim Sitompul pada kesempatan itu mengatakan, bahwa perang kedepan adalah perang energi dan pangan, dimana daerah yang diperebutkan adalah daerah di khatulistiwa.

"Tidak mengherankan bila daerah kita terus di guncang, untuk itu TNI terus mengawal masalah penanganan pangan, kepada para petani semoga dapat meningkatkan swasembada pangan di Kabupaten Labuhanbatu," katanya.
 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016