Binjai, Sumut, 21/7 (Antara) - Sebanyak 57 pemuda Kota Binjai, Sumatera Utara, mengikuti program magang di Panasonic Jakarta, sekaligus untuk seleksi bekerja di Jepang.

"Jadikan magang ini untuk pemberdayaan apa yang sudah diperoleh selama ini agar semakin maju dan berkembang," kata Wali kota Binjai diwakili Asisten Bidang Pemerintahan Amran di Binjai, Kamis.

Ia meminta ke-57 pemuda yang sudah lulus untuk mengikuti program magang di Panasonic bekerja ulet dan tidak cengeng.

"Dari 100 orang yang sudah ikut magang, kini enam orang diterima bekerja di Jepang, sebagian lagi masih terikat kontrak kerja di Indonesia," katanya.

"Program magang di perusahaan Panasonic sebagai upaya Pemkot Binjai membuka peluang kerja bagi generasi muda yang terampil. Terutama bagi generasi muda yang sudah lulus SMA," sambungnya.

Asisten menjelaskan program magang bagi generasi muda Binjai di Panasonic Jakarta, kemudian akan dilakukan kontrak kerja dimana sudah banyak generasi muda bekerja di Panasonic Jakarta dan dikirim keberbagai daerah.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Nani Sundari menjelaskan gelombang pertama dikirim 50 orang tiga diantaranya sudah bekerja di Jepang dan 28 di Jakarta.

Sedangkan gelombang kedua ada tiga orang lagi warga Binjai sudah dinyatakan lulus untuk dikirimkan ke Jepang dan 42 orang kontrak di Jakarta. Gelombang ketiga dikirim 57 orang diharapkan mereka bekerja tekun dan ulet dan bisa terpilih lagi ke Jepang.

"Peserta gelombang ketiga ini spesialisasinya untuk AC diharapkan mampu berprestasi dan memperoleh peluang diterima di Jepang," katanya. 

Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016