Sipirok, 19/5 (Antarasumut)- Puluhan dari ratusan makam yang berada di Janji Mauli lingkungan perkantoran Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan sudah mulai berhasil dibongkar.

"Dua puluh tujuh makam  sudah direlokasi ke pemakaman yang baru," kata Ketua Tim pembongkaran makam M. Zein yang juga Assisten I Pemkab Tapanuli Selatan kepada Antara Sumut, Kamis. 

Sebelumnya rencana relokasi 200-an pemakaman masyarakat Janji Mauli ini sempat 'gagal' Selasa, 17/5, dikarenakan sempat mendapat penolakan dari masyarakat dengan alasan Surat Peringatan (SP) dari pemerintah daerah tidak disampaikan.

"Sesuai janji Pemkab Tapanuli Selatan sebelum memasuki bulan suci ramadhan 2016 relokasi keseluruhan makam sudah dapat tuntas setuntas tuntasnya," katanya.

Pantauan Antara Sumut pembongkaran puluhan makam dengan mendapat pengamanan  yang ekstra ketat puluhan aparat TNI, Polri, Satpol PP, sementara terpantau ratusan pihak keluarga yang punya makam juga berada dilokasi.

Kerangka kerangka yang digali di dalam makam dikumpul dan di satukan kembali lalu dimasukkan ke dalam peti jenazah yang disiapkan untuk kemudian dievakuasi untuk kembali dimakamkan dilokasi baru yang sudah disiapkan dan tidak jauh dari pemukiman masyarakat Desa Janji Mauli.

"Alhamdulillah tahap awal pembongkaran makam berjalan aman dan lancar," kata Zein.

Mengenai pemakaman yang lain yang belum direlokasi akan terus diupayakan untuk dibongkar dengan terlebih dahulu melakukan pendekatan kepada pihak pihak keluarganya.

"Mudah-mudahan keluarga yang lain juga setuju dengan para keluarga yang lebih dahulu menyetujui makam keluarga mereka dibongkar," harapnya.

Pun demikian pihak Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan akan terus melakukan langkah persuasif dengan cara  pendekatan pendekatan ke masyarakat.

"Langkah persuasif akan terus kita ambil dan komunikasikan dengan masyarakat guna menjaga hal hal yang lain," katanya disela sela kegiatan relokasi makam.

Lebih dari itu kata dia, pemerintah daerah sejak lama sudah menunjukkan sikap positifnya mentolelir terhadap masyarakat.

"Pekuburan baru dengan luas lahan lebih kurang 1 Hektare sudah disiapkan letaknya dekat Desa Janji Mauli (seberang perkantoran) bahkan akses jalan menuju pemakaman juga sudah dibuka pemerintah," katanya.

Jadwal sebelumnya pembongkaran ratusan makam tersebut dilakukan sejak Selasa sampai Kamis, Tanggal 17 - 19 Mei 2016.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016