Medan, 25/4 (Antara) - Calon haji asal Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, tahun 2016 sebanyak 143 orang.


"Ke-143 calon haji (calhaj tersebut masing-masing terdiri atas 68 laki-laki dan 79 perempuan," kata Bupati Serdang Bedagai, Soekirman di Seirampah, Senin, saat membuka manasik haji akbar yang dipusatkan di Masjid Agung Jami` Kecamatan Seirampah.


Ia mengatakan, ada beberapa kegiatan yang telah dianggarkan oleh Pemkab Serdang Bedagai untuk mendukung Kemenag dalam hal


penyelenggaraan ibadah haji, yaitu dukungan pembuatan paspor, pelaksanaan manasik akbar, tepung tawar jamaah dan pemberangkatan calhaj sekaligus penjemputannya.


Kepada calhaj, dia mengatakan, ada tiga hal yang wajib diketahui, yakni harus memahami syarat untuk menjadi haji, memahami rukunnya serta paham wajib haji.


"Kalau ketiganya telah dilaksanakan dengan baik, Insya Allah akan menjadi haji yang mabrur," katanya.


Soekirman juga berpesan kepada seluruh calhaj dapat


memberikan perhatian yang cukup terhadap seluruh rangkaian kegiatan manasik haji akbar itu.


"Karena bertujuan untuk memberikan panduan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji sehingga pada saatnya nanti semua calon haji dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan baik dan benar," katnya.


Kepada para instruktur juga diminta dapat memberikan


informasi yang komprehensif mengenai tata cara pelaksanaan ibadah haji.


"Kepada para jamaah kami harapkan mendoakan agar daerah kita ini semakin maju serta terbebas dari bencana dan bahaya," katanya.


Sebelumnya, Kepala Kantor Kemenag Serdang Bedagai David Saragih mengatakan tujuan digelarnya manasik haji tersebut agar para calon haji di Tanah Suci dapat menjalankan tata cara ibadah haji dengan baik.


"Kami juga memberikan apresiasi pada pemkab yang memfasilitasi jamaah mulai dari pembuatan paspor, pemeriksaan kesehatan, manasik, tepung tawar hingga pemberangkatan dan penjemputan setelah selesai menunaikan ibadah haji nanti," katanya. 

Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016