Tebing Tinggi,21/4(antarasumut)- Mengingat RA.Kartini jangan hanya mengenal sanggul dan bajunya saja, akan tetapi kenali dan kenanglah  revolusi mental, pendidikan dan gagasan dengan pemikiran besar dan maju,dan Kartini juga anti Narkoba yang tak pernah diceritakan.

Demikian disampaikan Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan pada peringatan hari Kartini ke 137 Kamis (21/4) di Gedung Balai Kartini Tebing Tinggi yang dihadiri unsur FKPD, Wakil Walikota, Pimpinan SKPD, Pengurus GOW dan Camat, lurah se Kota Tebing Tinggi.

Dikatakan Walikota, perempuan itu hebat,kuat dan tangguh, mampu mengerjakan apa saja, namun jangan pernah melupakan kodratnya sebagai perempuan yang punya tanggungjawab tersendiri.

Banyak hal yang bisa ditiru dan diteladani dari RA.Kartini,sebagai tokoh emansipasi untuk mengangkat derajat kaum perempuan Indonesia, diantaranya memiliki kesabaran dan keterampilan.ujarnya.

Dikatakannya, untuk itu jadikan momentum peringatan Hari Kartini ini, menumbuh kembangkan semangat Kartini, dan melakukan revolusi mental dengan berinaovatif dan berkreatif.

Melakukan inavasi dan kreatifitas dibidang apa saja dapat dilakukan didasari dengan keikhlasan dan ketulusan, apakah itu di bidang kebudayaan, berbagai keterampilan atau pendidikan.

Apa yang dapat dilakukan untuk pendidikan, meskipun secara nyata diketahui pendidikan kita secara terus menerus semakin maju dan baik,namun ingat masalah kesantunan semakin menurun ujarnya.

Diharapkan Walikota, jadikan Kartini inspirasi bagi Indonesia, dan 2017 ibu-ibu bisa ditampilkan pada setiap bidang pekerjaan dan dijadikan inspirator penggerak merubah pemikiran tentang revolusi mental,etika dan karakter.

Dan saya yakin Kartini tidak pernah menuntut acara serimonialnya saja,tetapi menuntut berbagai perubahan menuju Indonesia lebih maju dan berkembang, khususnya kaum perempuan Indonesia.katanya.

Sebelumnya Ketua Panitia HUT Kartini 137 Ny.Ida Agussalim, menyampaikan tujuan pelaksanaan kagiatan ini mengenang kembali sejarah perjuangan RA.Kartini,mempertebal jiwa dan semangat nilai-nilai RA.kartini.

Pringatan kali ini mengambil thema Dengan semangat Hari Kartini,kita tingkatkan kesehatan keluarga guna menunjang pemberdayaan ekonomi rumah tangga, Dab Panitia juga melakukan berbagai kegiatan diantaranya Lomba Nyanyi,merangkai bunga dan Lomba kartini 2016 yang diikuti dari GOW se Kota Tebing Tinggi.

Dari perlombaan yang dilakukan keluar sebagai juara masing-masing Lomba Menyangi I.Nia Jumanto(KCK),II.Manda Julian (Kec.Pdg.Hulu) dan III.Nelce Kaloti(PWKI), Merangkai Bunga Juara I.Timi Irwansyah (Iwaga),Ira (Muslimat NU) dan III.Ny.Eni Syahdamayantho (DWP).

Untuk Lomba Kartini 2016 juara I.Sri Wahyuni (Bhayangkari),II.Kartini Nainggolan(PWKI),III Ernawati Lubis (PWKI) dan kepada mereka diberikan berupa berbagai hadiah. 

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Dhani Elison


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016