Labuhanbatu, 14/4 (Antarasumut) - Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap komitmen bersama dalam program pencegahan dan penindakan korupsi terintegrasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Aula Kantor Gubernur Sumateta Utara dalam kegiatan rapat koordinasi dan supervisi, Kamis siang.

Komitmen bersama 14 Bupati/Walikota terpilih dan ditandatangani Pimpinan KPK Alexander Marwata serta Kepala BPKP Perwakilan Sumut Mulyana dan Plt. Gubsu T Erry Nurady.
 
Program pencegahandan penindakan korupsi terintegrasi disebutkan bahwa pimpinan pemerintah daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam rangka mendukung terwujudnya tata kelola pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN untuk mendukung program pemberantasan korupsi terintegrasi.
 
Ada 10 poin yang harus dilaksanakan yaitu melaksanakan proses perencanaan penganggaran yang mengakomodir kepentingan publik, bebas intervensi pihak luar melalui implementasi e-planing. 

Melaksanakan pngadaan brang dan jasa berbasis elektronik termasuk pendirian Unit Layanan Pengadaan (ULP) mandiri dan penggunaan e-procurement. Melaksanakan pelayanan terpadu satu pintu dan proses penerbitan perijinan pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) yang terbuka. 

Melaksanakan tatakelola dana desa termasuk pemanfaatan yang efektif dan akuntabel. Melaksanakan penguatan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) sebagai bagian dari implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). 

Memperkuat sistem integritas pemerintahan melalui pembentukan komite integritas pengendalian gratifikasi, LHKPN.
 
Membangun sinergitas dan partisipasi seluruh komponen masyarakat terhadap penguatan tata kelola pemerintahan. Melaksanakan perbaikan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan penerapan Tunjangan Perbaikan Penghasilan. 

Melaksanakan perbaikan manajemen asset daerah dan optimalisas ipendapatan asli daerah dengan didukung sistem, prosedur, dan aplikasi yang transparan dan akuntabel. Melaksanakan Rencana Aksi dalam program pemberantasan korupsi terintegrasi secara konsisten dan berkelanjutan. 
 

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016