Medan, 22/3 (Antarasumut) - Bantuan tunai sebesar Rp1 miliar diserahkan kepada Ketua dana pensiun Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Sopo Marpingkir Jakarta Timur, guna menopang kesejahteraan para pendeta yang telah memberikan pelayanan penuh bagi para jamaatnya.

“Bantuan dana sebagai perbaikan pensiun dan sistem kesejahteraan pelayan itu akan menjadi starting point atau titik berangkat memajukan gereja HKBP.” kata Kepala Balitbang HKBP, Pendeta Daniel TA Harahap didampingi Tengku Said Pardede di Medan, Selasa.

Ia menjelaskan, program dana pensiun HKBP telah berdiri sejak tahun 1928, namun masih sangat membutuhkan dukungan untuk memenuhi kewajiban “solvabilitas” dan kewajiban “aktuaria”nya, sebagaimana diamanatkan perundang-undangan. 

Dana pensiun kata dia, merupakan tanggungjawab semua pihak di HKBP, sehingga seluruh warga dan pelayan HKBP harus bekerja keras serta bersatu padu untuk membantu.

Calon Sekretaris Jenderal HKBP yang akan mendampingi calon Ephorus Robinson Butarbutar yang dikenal sebagai “arsitek” aturan dan peraturan HKBP serta arsitek pembangunan sistem “database online” serta konseptor rencana strategis (Renstra) HKBP 2012-2016 itu menekankan perlunya akuntabilitas dan transparansi.  

Suami dari dokter Martha Siregar itu juga menyatakan kesiapan dirinya untuk dimajukan pada pemilihan Sekretaris Jenderal Sinode Godang HKBP September 2016 mendatang bersama Pendeta Robinson, melalui salah satu program utama dalam  memulihkan kehidupan doa sekaligus membangun sistem organisasi gereja HKBP yang benar-benar moderen.

Sementara itu, Tengku Pardede menambahkan, para sahabat Pendeta Daniel dan Pendeta Robinson  ber komitmen untuk terus membantu penggalangan dana pensiun HKBP dimaksud. 

“Bantuan yang kami serahkan bersama pendeta Steven Tanner di Kantor HKBP Sopo Marpingkir Jakarta Timur pada Jumat (18/3) itu sebagai tahap awal dan akan terus ditambah secara bertahap,” ujar Tengku Pardede. 

Ketua Dana Pensiun HKBP, Sintua AG Simanjuntak didampingi Ketua Komisi Teologi dan Direktur Sekolah Pendeta HKBP yang ikut menyaksikan penyerahan bantuan menyampaikan apresiasi, karena bantuan yang mereka terima sangat berarti untuk menopang kesejahteraan para pendeta.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016