Jakarta, 11/3 (Antara) - Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Anwar Sanusi mengatakan Indonesia dan Jepang sepakat akan membangun kerja sama ketahanan pangan khususnya di pedesaan.

"Tujuan kerja sama ini adalah agar terjadi peningkatan pendapatan petani di pedesaan, sehingga masyarakat desa tidak banyak yang melakukan perpindahan ke kota," katanya di Malaysia seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima Antara, di Jakarta, Jumat.

Anwar Sanusi berada di Malaysia dalam rangka mendampingi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar guna menghadiri acara FAO Conference wilayah Asia Pacific ke 33, di Putrajaya.

Dalam kesempatan tersebut, Anwar juga mencoba melakukan penjajakan kerja sama dengan Vice Minister for International Affairs Japan Mr. Hiromichi Matsushima dalam menangkal arus urbanisasi. 
   
Sebelumnya, Indonesia dan Jepang juga telah melakukan pengembangan pedesaan belajar dari program One Village One Product (OVOP) yang telah berhasil dilaksanakan di Jepang.

Kementerian Desa pada tahun lalu sudah melakukan kunjungan ke Ministry of Internal Affairs and Communications Jepang dan JICA. Dalam pertemuan tersebut telah didiskusikan rencana 'mutual cooperation' antara kedua institusi.

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar

Editor : Fai


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016