Dairi, 10/2 (Antarasumut) - Komando Rayon Militer (Koramil) 02 Sidikalang, Kodim 0206 Dairi melakukan tanam perdana padi varietas unggul Kartika I-82, di areal persawahan Kuta Gerroh Desa Sitinjo II Kecamatan Sitinjo, Dairi, Rabu.

Danramil 02 Sidikalang Kpt Inf Immun Tarigan mengatakan penanaman varietas baru merupakan yang pertama di Desa Sitinjo dan sebagai percontohan untuk penanaman varietas unggul. 

Penanaman padi bersama dengan masyarakat seluas ± delapan rante di ladang milik Paber Kudadiri.

"Diharapkan demplot  Kartika I-82 yang dicanangkan di Kuta Gerroh ini dapat beradaptasi dengan baik, sehingga mendapatkan hasil yang baik, tentunya untuk menggairahkan semangat petani dan menambah penghasilan cukup bagi petani," katanya.

Penanaman varietas Kartika I-82 tidak perlu menggunakan pupuk kimia, bisa hanya menggunakan pupuk organik. 

Kata Immun, bibit unggul ini sudah dikembangkan di Sumatera Barat, bibit sangat cocok dengan kondisi alam dataran tinggi. Hasil panen bibit sangat baik dibandingkan dengan varietas yang biasa digunakan petani.

Ia menyebutkan, padi varietas Kartika I-82 adalah hasil penemuan anggota TNI Sumbar yang sukses dikembangkan di beberapa daerah seperti demplot Kodim Padang dan Kodim Solok. 

Selain mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah, TNI juga turut membantu petani terkait pengolahan lahan dan pasca-panen.

"Sebab petani kita sebagian besarnya bertani dengan cara tradisional, dengan kegiatan ini, TNI sekaligus turut membina dan mengajak petani tidak membiarkan lahan mereka jadi kosong," katanya.



Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016