Sidikalang, 21/1 (Antarasumut) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Dairi melakukan jemput bola dalam upaya meningkatkan jumlah mastarakat yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Untuk mengejar target kabupaten, kita harus memberikan pelayanan langsung dan jemput bola kepada masyarakat," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Rewin Silaban, kamis.

Ia mengatakan kegiatan pendataan KTP untuk kependudukan ini, merupakan pelayanan langsung untuk pengurusan administrasi kependudukan di Kabupaten Dairi.

Dia menyebutkan, program ini merupakan lanjutan tahun lalu. Pelayanan langsung di Desa Sitinjo II merupakan kegiatan perdana tahun 2016 dan akan berlanjut seterusnya.

Layanan tersebut bukan hanya pengumpulan berkas, tetapi, langsung jadi bilamana persyaratan lengkap seperti KK. Akte lahir dan akte nikah.

Namun kata dia, untuk KTP masih tahap perekaman, setelah selasai akan diberikan melalui Kepala Desa Disdukcatpil akan memberikan layanan langsung ke pelajaran SLTA sederajat di Kabupaten Dairi mulai tahun 2016 ini.

Sebab menurut dia, pengalaman selama ini, anak-anak yang sudah tamat SLTA atau genap berumur 17 tahun ketika mereka lulus langsung mengurus KTP jumlahnya membludak, sehingga mengalami kendala dalam pelayanan.

"Sehingga kita programkan mulai tahun ini, Disdukcatpil melakukan layanan langsung ke sekolah-sekolah sederajat untuk menganguransi penunpukan pengurusan di kantor Catpil," katanya.


Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016