Pematangsiantar, Sumut, 13/11 (Antara) - Bank Indonesia memberikan bantuan dana Rp115 juta untuk renovasi ruang galeri Koperasi Produksi Petenun dan Konveksi Indo Sejahtera Siantar (KISS) Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, Jumat.
     Penyelesaian renovasi galeri di Jalan Bahkora II, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Siantar Marihat tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara bantuan program sosial BI.
     Kepala Kantor Perwakilan BI Pematangsiantar, Elly Tjan berharap perenovasian galeri dapat mendorong pengembangan industri ulos di kota ini.
     Menurut Elly, produk tenun ulos yang dihasilkan koperasi sudah cukup baik, hanya terhambat ruang galeri yang dapat menarik minat pengunjung. 
     Lokasi galeri yang strategis juga diharapkan dapat menjadi objek wisata di Kota Pematangsiantar, dan lokasi promosi produksi UMKM lainnya.
     "Ke depan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar akan terus mendorong pengembangan UMKM daerah," ujar Elly.
     Menurut Ketua KISS, Raja PS Janter Aruan, pembentukan koperasi dengan mengumpulkan pegiat produksi tenun bertujuan untuk pelestarian budaya sekaligus meningkatkan pendapatan warga.
     Saat ini kata Janter, pihaknya membina 300-an petenun, dan juga memberikan pendidikan konveksi menjahit secara gratis.
     Hasil tenunan binaan KISS kata mantan Legislator pematangsiantar ini, telah dipasarkan di sejumlah kota, termasuk mengisi Galeri UKM Smesco di  Jakarta Selatan. ***1***

Pewarta: Waristo

Editor : Waristo


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015