Nias Utara, 30/10 (Antarasumut) - Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi gelar lomba mewarnai tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Nias Utara yang dilaksanakan di Rumah Pintar, Lotu Kabupaten Nias Utara pada Hari Selasa, 27 Oktober 2015.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Nias Utara yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Asisten Sekda, Kepala Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi, Kabag Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Nias Utara, Dewan Juri, serta Kepala Sekolah, Guru, dan siswa/i SMP/MTs peserta lomba.

Kepala Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi/Kharisman Zega dalam laporannya selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nias Utara nomor : 814.2/430/K/2015 tanggal 6 Oktober 2015 tentang Pelaksanaan Lomba mewarnai tahun 2015.

Tujuan menumbuhkembangkan talenta mewarnai dikalangan pelajar terlebih mengembangkan kreativitas melukis dan menciptakan hasil karya seni terbaik untuk menanamkan cinta budaya bangsa, persatuan, kesatuan dan cinta tanah air.

Menumbuhkembangkan kecintaan Putra/i Nias Utara terhadap pariwisata khususnya wisata bahari serda budaya nusantara. Masyarakat Perpustakaan sebagai salah satu wadah dalam sebuah proses pembelajaran.

Arahan dan Bimbingan Bupati Nias Utara yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia/Mansurman Waruwu, S.Ag, MM mengatakan bahwa Kabupaten Nias Utara telah mengalami kemajuan yang sangat pesat, khususnya dibidang  pendidikan, pembangunan dan pariwisata.
Sesuai dengan tema lomba mewarnai “Dengan pelaksanaan lomba mewarnai tahun 2015, mari kita lestarikan dan tumbuhkan cinta pariwisata (Wisata Bahari) kepada Pemuda dan Pemudi se-Kabupaten Nias Utara”, diharapkan Objek Wisata di Kabupaten Nias Utara dapat semakin dilestarikan, sehingga menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Nias Utara.

Kabupaten Nias Utara memiliki banyak Objek Wisata, diantaranya Pantai Indah Ture Loto, Pantai Lafau, Pantai Toyolawa, Pantai Pasir Putih, Pantai Laosi-Laosi, Pulau Wunga, Pantai Pasir Merah, Pantai Walo, Pantai Berbisik, Pantai Asiwalo, Puncak Hilimaziaya, Danau Megoto, Kara Sangadulo, Air Terjun Luaha Ndroi, dan masih banyak lagi daerah pariwisata lainnya.

Untuk itu, Pemkab Nias Utara mengusahakan agar semua lokasi pariwisata di Kabupaten Nias Utara terdapat akses jalan yang baik.

Selanjutnya, Arahan Bupati Nias Utara yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati mengajak agar pembinaan generasi muda dapat dilakukan oleh semua pihak termasuk keluarga, lembaga pendidikan formal dan non formal, serta kelompok organisasi pembinaan generasi muda.

Lebih jauh, Mansurman Waruwu, S.Ag, MM mengucapkan selamat berkompetisi bagi peserta lomba, dan berharap agar kedepan lomba mewarnai tidak hanya ditingkat SMP/MTs, melainkan dapat dilakukan juga ditingkat SD dan SMA/K.

Lomba mewarnai tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Nias Utara tahun 2015 terlaksana dengan baik, dimana peserta lomba merupakan SMP/MTs yang mewakili setiap Kecamatan di Kabupaten Nias Utara, dengan hasil sebagai berikut : Juara I Purnama Harefa (SMPN 1 Namohalu Esiwa), Juara II Darviatman Zega (SMPN 1 Lotu), Juara III Ewi Putra Harapan Lase (SMPN 1 Lahewa Timur)

Juara IV Asfian Nur Bugis (SMPN 1 Lahewa), dengan Dewan Juri pada kegiatan lomba mewarnai ini ialah Viktor Februarto Dachi (Desain Grafis/Pelukis), Aroni Zendrato (Pelukis/Pimpinan Reklame Afore Gunungsitoli), dan Kurniawan Telaumbanua (Desain Grafis).

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015