Seirampah, 8/10 (Antarasumut) - Keunggulan dan prestasi yang selama ini diraih Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menjadi magnet bagi institusi/lembaga Pemerintah Daerah (Pemda) lain di Indonesia untuk dijadikan bahan studi komparative untuk meningkatkan kualitas, kapasitas dan kompetensi aparatur pemerintah.

Sebanyak 40 peserta Diklat Kepemimpinan III Angkatan II dari Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) melakukan Benchmarking ke Kabupaten Sergai.

Benchmarking yang merupakan bagian kurikulum Diklat PIM Tingkat III dengan pola baru ini dilaksanakan mulai dari 8-9 Oktober 2015 dipimpin langsung Wakil Bupati (Wabup) Agara H. Ali Basrah didampingi Kepala Badan Kepegawaian Kabupaten (BKK) Zulfendi.

Rombongan peserta Benchmarking diterima Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah beserta jajaran Kepala SKPD terkait di aula Sultan Serdang, kompleks Bupati Sergai di Sei Rampah, Kamis (8/10).

Wabup Agara H. Ali Basrah dihadapan jajaran Kepala SKPD Sergai mengatakan Benchmarking pada dasarnya dimaksudkan untuk memperluas wawasan dan pengetahuan peserta dengan mengindentifikasi data dan informasi keunggulan Pemda yang dikunjungi dengan memiliki implementasi konsep, teknologi yang banyak dipakai oleh individual atau organisasi (best practice).

Kabupaten Sergai dipilih menjadi objek lokasi Benchmarking dipaparkan Ali Basrah karena dianggap memiliki kesamaan karakter dengan Kabupaten Agara. Kesamaan diantaranya terkait dengan geografis dan dominasi mata pencaharian masyarakatnya.

Disamping itu Kabupaten Sergai dan Agara sudah mengenal secara historis dan emosional dengan menjalin komunikasi dimasa kepemimpinan HT. Erry Nuradi dan H. Soekirman disaat menjabat Bupati dan Wabup Sergai.

Menutup sambutannya, Wabup Agara Ali Basrah menyampaikan rasa terimakasih atas sambutan hangat dari jajaran Pemkab Sergai.

Dan mengharapkan agar selama kunjungan Benchmarking di Sergai dapat dibimbing dan dididik sehingga peserta mampu mengadaptasi dan mengadopsi best practice di Kabupaten Sergai dan mengimplementasikan program-program yang telah dipelajari untuk kepentingan dan kemajuan Kabupaten Agara.

Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah, M.Si dalam sambutannya mengatakan sangat tersanjung dengan kedatangan Tim Diklat PIM III Kabupaten Agara untuk Benchmarking.

Walaupun peserta Benchmarking berasal dari berbagai SKPD diharapkan dapat mengambil substansi dari berbagai lokus program kunjungan diantaranya bidang pendidikan, kesehatan, pertanian dan infrastruktur pembangunan, pungkas Sekdakab Drs. Haris Fadillah.

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015