Padangsidimpuan, Sumut. 3/9 (antara sumut)- Dinas Kebersihan, Pertamanan Dan Pencegahan Kebakaran (KPPK) Kota Padangsidempuan mengajak warga  untuk memiliki kesadaran menjaga kebersihan lingkungan.

"Setiap harinya 300 ton sampah warga Padangsidimpuan diangkut ke TPA (Tempat Pembuangan Sampah) Batu Bola.  Sampah sebanyak itu diangkut menggunakan dam truk sebanyak 21 unit setiap harinya, dan adakalanya 1 unit dam truk terpaksa bolak-balik lima kali mengangkut sampah ke TPA. 

Kendati jumlah armada pengangkut sampah dinilai masih kurang namun Pemko  Padangsidimpuan, melalui Dinas Kebersihan, Pertamanan Dan Pencegahan Kebakaran (KPPK) tetap berupaya  membersihkan seluruh sampah yang ada di wilayah Padangsidimuan. 

"Beratnya tugas yang diemban petugas kebersihan persampahan di Pemko Padangsidimpuan dirasa ringan apabila warga memiliki kepedulian membuang sampah tepat waktu dan tepat tempatnya setiap hari  supaya lebih mudah untuk diangkut petugas pengangkut sampah," ujar Kepala Dinas KPPK Hj Syahraini Lubis, melalui Kabid Keberishan Dori Fadonna yang disampaikan Kaseksi Pengangkut Sampah Eli Fati Harefa dihadapan peserta Sosialisasi Persampahan/Kebersihan Tahun Anggaran 2015 di Aula Dinas KPPK, Jalan Sutan Soripada Mulia, Padangsidimpuan, Selasa.     

Kegiatan yang diikuti seluruh Camat, Lurah, dan Kepala Lingkungan (Kepling) Kecamatan Padangsidimpuan Utara dan Kecamatan Padangsidimpuan Selatan berjumlah 150 orang yang berlangsung satu hari penuh tersebut dibuka Walikota Andar Amin Harahap, S.STP, MSi.

Pada kesempatan itu Eli Fati mengajak seluruh Camat, Lurah dan kepling untuk memberikan pemahaman dan pengertian kepada seluruh warga di wilayahnya supaya tergugah hatinya membuang sampah tidak di sembarang tempat dan tidak sembarang waktu demi kebersihan dan keindahan kota Padangsidimpuan. 

"Daerah lain bisa membuat daerahnya bersih dari sampah, kenapa kita tidak. Kuncinya adalah kemauan seluruh warga dengan bantuan Lurah dan kepling," kata Eli Fati. Selain bersih, tanpa sampah akan menciptakan kesehatan bagi seluruh warga. "Melalui kegiatan seperti ini kita harapkan persoalan penanganan sampah di Kota Padangsidimpuan berangsur membaik dan Padagnsidimpuan semakin bersih dan indah." ucapnya.

Sementara itu Walikota Andar Amin dalam sambutannya berjanji akan menampung anggaran pembelian lahan TPA pada APBD TA 2016, karena TPA yang ada sekarang ini sudah over kapasitas. Pembicara lainnya adalah Sekretaris Badan Lingkungan Hidup Bahri Pulungan.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015