Binjai, Sumut, 26/8 (Antara) - Pemerintah Kota Binjai, Sumatera Utara, memberikan bantuan kepada 162 warga korban angin puting beliung berupa jaminan hidup selama satu minggu berupa beras, mie instan dan berbagai bantuan lainnya.

"Kita sudah salurkan bantuan buat warga korban puting beliung," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kota Binjai, Hendrik Tambunan, di Binjai, Rabu.

Hendrik menjelaskan berdasarkan data yang ada, angin puting beliung merusak rumah warga yang ada di Kelurahan Jatinegara sebanyak enam rumah, yang dihuni enam kepala keluarga atau 32 jiwa.

Kemudian di Kelurahan Tunggurono yang terkena angin puting beliung sebanyak 30 rumah atau 34 kepala keluarga 130 jiwa. Sedangkan yang kediamannya mengalami rusak berat enam rumah dan lainnya mengalami rusak ringan.

Kepala Bagian Humas Pemkot Binjai itu menambahkan bantuan buat para korban angin puting beliung juga sudah disalurkan sekarang ini di lapangan berupa jatah hidup untuk satu minggu masing-masing kepala keluarga.

Bantuan yang diberikan itu berupa beras, mie instant, telur, minyak goreng, gula, kopi, bubuk teh, susu, ikan teri, ikan asin, dan roti, melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja setempat, katanya.

Secara terpisah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muhammad Yusrizal mengatakan pendataan terhadap korban bencana sudah dilakukan sekarang ini oleh timnya di lapangan, bantuan juga sedang disalurkan.

Pada saat kejadian, Selasa (25/8) sekitar pukul 16.30 Wib, Pemkot juga sudah langsung memberikan bantuan buat para korban angin puting beliung berupa makanan cepat saji yang langsung bisa dinikmati para warga.

Tentang bantuan lainnya, buat korban ini sedang dirumuskan oleh tim apakah berupa seng, paku, kayu, atau bantuan lain. "Kita sedang musyawarahkan untuk bantuan lanjutan," katanya.***4***



Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015