Tanjungbalai, Sumut, 26/8 (Antara) - Kepolisian Resor Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara, menggelar apel operasi Mantap Praja Toba 2015 untuk pengamanan Pilkada di daerah setempat, Rabu.


Kapolres Tanjungbalai Ayep Wahyu Gunawan menjelaskan, dalam operasi Mantap Praja Toba itu pihaknya menyiapkan 216 personel yang akan disebar ke seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 31 kelurahan, kantor KPU, kantor camat dan kantor lurah.


"Ini sebagai antisipasi dini berbagai kemungkinan buruk sebelum maupun pascapemungutan suara 9 Desember," kata dia.


Kapolres mengatakan gelar pasukan ini merupakan awal kesiapsiagaan Polres Tanjungbalai dan jajaran dalam upaya menyukseskan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungbalai.


Dalam apel itu, selaku inspektur upacara, Kapolres Tanjungbalai AKBP Ayep Wahyu Gunawan membacakan amanat Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo.


Menurut Kapolda, apel gelar pasukan sangat penting untuk mengetahui kesiapan personel yang terlibat pengamanan, baik secara moril maupun materiil seperti perlengkapan perorangan, serta sarana dan prasarana selama pelaksanaan operasi Mantap Praja Toba 2015.


Kapolda dalam amanatnya juga menegaskan netralitas anggota TNI-Polri dalam pelaksanaan Pilkada serentak di 23 kabupaten/kota se-Sumatera Utara. Karena itu semua pihak diminta profesional, terutama KPU dan Panwaslu.


"Polri dan TNI tidak akan berpihak baik langsung atau tidak kepada salah satu calon. Kami akan bekerja profesional dan proporsional, diharapkan penyelanggara juga menjaga netralitas dan bekerja sesuai tugas dan fungsi masing-masing," imbau Kapolda.


***2*** (KR-YWK)





Sigit Pinardi


(T.KR-YWK/B/S024/S024) 26-08-2015 13:19:30

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015