Rantauprapat, 16/8 (Antarasumut) - Bupati Labuhanbatu Tigor Panusunan Siregar mengukuhkan 48 orang Paskibraka di Pendopo Rantauprapat yang ditandai dengan pemasangan kendit dan penyematan lencana kepada Dimas Khairanda.

Mereka terdiri dari para pelajar SMA, SMK dan MAN se-Kabupaten Labuhanbatu yang direkrut dari sembilan wilayah kecamatan dan akan bertugas mengibarkan bendera dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 Tahun 2015.

Calon Paskibraka yang telah melaksanakan latihan selama 17 hari ini dalam acara pengukuhan ini dengan penuh semangat menyampaikan Ikrar Putra-Putri Indonesia yang terdiri dari 7 poin, yakni, Aku mengaku, bahwa aku, adalah makhluk Tuhan Yang Maha Pencipta dan bersumber padanya.

Aku Mengaku, bertumpah darah satu, tanah air Indonesia. Aku Mengaku, Berbangsa satu, bangsa Indonesia. Aku Mengaku, berjiwa dan ber-ideologi satu, jiwa dan ideology Pancasila dan satu undang-undang dasar 1945.

Kemudian, Aku Mengaku, bertujuan satu, masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila. Aku Mengaku, kebhinekaan dalam kesatuan budaya bangsa.

Aku Mengaku, sebagai generasi penerus, perjuangan besar kemerdekaan dengan akhlak dan ikhsan, dengan ridho Tuhan Yang Maha Esa. Berdasarkan pengakuan-pengakuan ini dan demi kehormatan sebagai kader bangsa, aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajiban untuk mengamalkan semua pengakuan iini dalam karya hidupku sehari-hari.

Pengukuhan ini bermakna bahwa Barisan Pengibar Bendera Pusaka berjiwa kesatria, satunya perkataan dan perbuatan, bertanggung jawab, rela berkorban untuk ibu pertiwi.

Pewarta: Tanjung

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015