Simalungun, 14/7 (Antara) - Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanter) Pemkab Simalungun, Sumatera Utara, menurunkan lima tim pengawas kesehatan ternak di pasar-pasar hewan menjelang Lebaran 2015.

Kepala Diskanter Simalungun Jarinsen Saragih, Selasa, mengatakan upaya ini untuk mengantisipasi penjualan ternak sapi, kerbau, atau ayam yang tidak sehat.

"Pengawasan kesehatan ternak dilakukan di sejumlah pasar dan tempat penjualan ternak atau hewan seperti di Kecamatan Purba, Raya, Gunung Malela dan Dolok Batu Nanggar," sebut Jarinsen.

Diskanter kata Jarinsen, juga melakukan pengawasan di jalur lalu lintas ternak dari luar Kabupaten Simalungun, seperti Asahan, Tebing Tinggi dan Medan, untuk mencegah masuknya ternak tidak sehat dijual di pasar.

Anggota DPRD Simalungun, Dadang Pramono menilai pengawasan kesehatan hewan sebagai satu upaya pemerintah memberikan rasa aman bagi masyarakat untuk mengkonsumsi daging sehat saat Lebaran.

"DPRD mendukung, dengan begitu masyarakat mendapatkan jaminan kesehatan daging yang dibelinya," kata politisi Partai Demokrat ini. ***4***
(T.KR-WRS/C/Suparmono/Suparmono)

Pewarta: Waristo

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015