Padangsidimpuan Sumut 21/5 (Antara) Wali kota Padangsidimpuan, secara resmi membuka acara Pencanangan Bulan bhakti Ikatan Bidan Indonesia (IBI) KB kesehatan  di Akbid Darmais Komplex Perumahan Sopo Indah Pijorkoling Padangsidimpuan, Kamis

Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap SSTP MSi mengatakan, kegiatan Bulan Bhakti IBI-KB Kesehatan diselenggarakan setiap tahun. Meski pelaksanaannya hanya empat bulan  dimulai dari bulan Maret hingga Juni namun telah mampu memberikan kontribusi untuk pencapaian sasaran atau target tahunan program kependudukan dan keluarga berencana.

Dia menambahkan program pencapaian sasaran atau target program dapat ditingkatkan dengan membangun sinergitas program serta mengembangkan jaringan kerja sama  kemitraan dengan berbagai  baik dengan pemerintah Kota Padangsidimpuan dan pihak swasta serta lembaga Masyarakat lainnya untuk merespon permasalahan masyarakat.

Dia berharap kedepan upaya peningkatan program dan kegiatan dapat memberikan kontribusi lebih tinggi sehingga sasaran program kependudukan dan KB untuk menurunkan total Fertility Rate  atau menekan angka kelahiran anak Indonesia dapat ditekan seminimal mungkin.

“Dalam  menghadapi angka kematian ibu melahirkan sebanyak 275 /100.000 kelahiran hidup dan masih tingginya angka kematian bayi kerena itu pencegahan maupun penanggulangannya sangat dibutuhkan.

“Keterpaduan dan kegiatan sehingga diperoleh hasil yang bersinergi serta dapat meningkatkan ketahanan keluarga dan kesehatan lingkungan pada akhirnya terujudnya Masyarakat sehat maju dan sejahtera katanya.

Sementara Kepala Badan Keluarga Berencana,pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak padangsidimpuan Drs.Khairul Alamsyah mengatakan kegiatan ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan dan pelaksanaan pelayanan KB dan Kesehatan melalui Bhakti sosial Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

Sedangkan tujuan khusus meningkatkan cakupan peserta KB baru sebesar 20 persen dari PPM tahun 2015 peningkatan pembinanaan peserta KB aktif dalam pelayanan KB dikecamatan  se Padangsidimpuan.dengan jumlah 150 orang terdiri dari Muspida Plus Kota Padangsidimpuan Kepala Dinas,Badan dan kantor,Pimpinan Cabang IBI hingga ketingkat kekelurahan dan desa.

“Adapun  target tahun ini telah ditetapkan PPM/target peserta KB baru sebesar 2.193 akseptor dengan rincian IUD 134 Akseptor,MOP 61,MOW 12,Implant 297,Suntikan 878,Pil 606 dan Kondom 205 Akseptor,” katanya.

Acara dihadiri Dandim 0212 TS,Kapolres,Danyon 123 Rajawali , Ketua Tp-pkk, Ketua Ibi, Pimpinan Skpd serta Camat  se Padangsidimpuan.

Pewarta: Mansur Lubis

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015