Simalungun, Sumut, 11/3 (Antara) - Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, mensosialisasikan pemanfaatan lahan percontohan pertanian kepada masyarakat di Desa Purbasari, Rabu.

Wakil Sekretaris KTNA Simalungun, Parningotan Sitorus menjelaskan, di lahan seluas 64 hektar yang merupakan eks perkebunan PT Goodyear itu akan ditanami berbagai komoditi pertanian, seperti pepaya, bawang dan jagung.

"Ini sebagai lahan percontohan, pembibitan dan pelatihan bagi petani untuk bercocok tanam, sehingga ke depan petani di Simalungun tidak perlu ke daerah lain untuk belajar," kata Parningotan.

KTNA berharap masyarakat penggarap di lahan ini mendukung program kerja yang akan dilaksanakan, dan nantinya akan tetap dilibatkan dalam pengerjaannya.

Camat Tapian Dolok, Ester Tambunan mengatakan, lahan percontohan ini merupakan upaya pemerintah daerah dan organisasi petani untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Ketua KTNA Kecamatan Tapian Dolok, Robert Sitohang berharap lahan yang sudah dipanen untuk tidak ditanami lagi supaya dapat segera dimanfaatkan sesuai dengan kerjasama yang telah disepakati dengan Pemkab Simalungun.

Anggota DPRD Simalungun, Usmayanto menekankan kepada KTNA untuk memberdayakan masyarakat sekitar, dan berpesan kepada petani belajar meningkatkan kemampuan diri.

"Intinya perekonomian masyarakat meningkat, dan pemerintah mendapatkan PAD dari program ini. Kami wakil rakyat akan mengawasi pelaksanaannya," kata politisi PKS ini. ***3***
(T.KR-WRS/B/M. Taufik/M. Taufik) 11-03-2015

Pewarta: Waristo

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015