Medan, 29/1 (Antara) - Ketua Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara Effendi Panjaitan mendorong penyebarluasan manfaat program USAID PRIORITAS kepada 33 kabupaten/kota di provinsi itu, yang dinilai cukup efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

"Model-model pembelajaran yang dikembangkan USAID PRIORITAS dibutuhkan guna meningkatkan mutu pendidikan. Kita sebenarnya sudah sangat terlambat dalam menerapkan model pembelajaran seperti ini, padahal model seperti ini dibutuhkan karena lebih mengembangkan kemampuan bernalar siswa," katanya di Medan Kamis.

Ia mengatakan, pihaknya meminta Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memberikan dukungan kepada USAID PRIORITAS, serta mendorong dinas pendidikan mengadopsi program yang diterapkan serta menyebarluaskannya.

Saat ini USAID PRIORITAS baru menjangkau 15 kabupaten/kota, sehingga ada 18 kabupaten/kota lagi yang belum mendapatkan layanan.

"Kita akan dorong dinas pendidikan untuk menggandeng USAID PRIORITAS dalam mengembangkan pola pendidikan, " katanya.

Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS Sumut Agus Marwan mengapresasi dukungan positif DPRD Sumut dan siap mendukung usaha meningkatkan mutu pendidikan di Sumut.

"Kami punya banyak tenaga ahli, fasilitator, modul, metodologi dan sekolah model yang bisa dimanfaatkan oleh Pemprov SUmut. Kami siap mendukung," katanya.

Ia juga mendorong DPRD Sumut menginisiasi pembentukan forum pemangku kepentingan sektor pendidikan di tingkat provinsi, yang ditujukan untuk mempertemukan semua pihak di sektor pendidikan.

"Forum ini akan mempermudah koordinasi dalam merumuskan isu-isu strategis di bidang pendidikan. Semakin mudah kita berkoordinasi, maka gerak kita akan lebih baik," katanya.

Program USAID Prioritizing Reform, Innovation, Opportunities for Reaching Indonesia¿s Teacher, Administrators, and Students (USAID PRIORITAS) adalah program lima tahun yang didanai oleh United States Agency for International Development (USAID).

Program ini didesain untuk membawa pendidikan kelas dunia kepada banyak siswa di Indonesia. Program USAID PRIORITAS telah menjangkau 929 SD, SMP dan madrasah serta memberikan manfaat langsung kepada lebih 160.000 siswa di Sumut. ***4***
Biqwanto
(T.KR-JRD/B/B. Situmorang/B. Situmorang)

Pewarta: Juraidi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015