Lubukpakam, Sumut, 27/1 (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Deliserdang menggandeng pemerintah daerah setempat dalam memaksimalkan sosialisasi Pemilu sehingga kedepannya partisipasi pemilih semakin meningkat.

"Tentunya pemkab juga memiliki peranan penting untuk meningkatkan partisipasi pemilih terutama pemilih pemula," kata Ketua KPU Deliserdang Timo Dahlia di Lubukpakam, Selasa, saat beraudiensi dengan Wakil Bupati Deliserdang Zainuddin Mars.

Ia mengatakan, berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilu yang akan datang dan diharapkan akan lebih meningkat dibanding Pemilu sebelumnya
Untuk itu, pihaknya akan menggandeng semua pihak, terutama Pemkab Deliserdang, untuk menggelar sosialisasi Pemilu terhadap pemilih pemula maupun masyarakat marginal.

Dahlia mengatakan, sekalipun pesta demokrasi di Kabupaten Deliserdang akan digelar tahun 2018, namun kegiatan sosialisasi sangat dibutuhkan untuk menciptakan pemilih yang cerdas.

Selain itu, pihaknya menjalin kerjasama untuk mendata penduduk Deliserdang sehingga akurasi data pemilih pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) sesuai dengan yang sebenarnya.

Wakil Bupati Deliserdang Zainuddin Mars mengatakan pihaknya menyambut baik program KPU tersebut dan meminta agar pemangku kepentingan membantu memfasilitasi rencana kerja sama tersebut, seperti Badan Kesbang dan Linmas, Dinas Infokom dan Dinas Pendidikan.

Menurut dia Pemilu memiliki makna yang penting dalam menentukan keberlangsungan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat.

"Untuk itu diharapkan Kabupaten Deliserdang harus menjadi daerah percontohan Pemilu yang demokratis bagi daerah lain," katanya.***2***

(T.KR-JRD/C/Suparmono/Suparmono)

Pewarta: Juraidi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015