London, 4/8 (Antara/AFP) - Pelatih Arsenal Arsene Wenger mengakui bahwa timnya masih kurang bugar setelah mereka kalah 0-1 dari AS Monaco pada turnamen persahabatan Piala Emirates.
Setelah menghancurkan Benfica dengan skor 5-1 pada Sabtu, Arsenal gagal membalas gol semata wayang Radamel Falcao sehari kemudian, yang membuat Wenger melabeli penampilan mereka sebagai "statis, lesu, dan tidak meyakinkan sama sekali."
Wenger menjelaskan bahwa ia harus mengganti Olivier Giroud saat turun minum karena penyerang Prancis itu "tidak siap sama sekali," dan mantan pemain Montpellier itu bukan satu-satunya pemain yang terlihat kelelahan.

Sebagai tambahan, Mesut Ozil, Per Mertesacker, dan Lukas Podolski ketiganya digaransi akan absen pada awal musim setelah kesuksesan mereka di Piala Dunia bersama timnas Jerman, namun Wenger berkata bahwa mereka masih memiliki waktu untuk mengembalikan kebugaran.

"Saya tidak cemas. Ini merupakan bagian dari pra musim," ucapnya pada konferensi pers setelah pertandingan di Stadion Emirates.
"Ini peringatan yang bagus bagi kami bahwa kami belum siap sepenuhnya secara fisik. Hal positif adalah kami harus bekerja keras untuk sejumlah pemain untuk dapat bermain pada hari (Minggu) ini dan kami tidak mendapat cedera."
Arsenal menghadapi Manchester City pada Community Shield yang berlangsung Minggu, sebelum membuka musim Liga Utama Inggris mereka dengan menghadapi Crystal Palace pada akhir pekan setelahnya.

Saat ditanyai apakah Arsenal akan siap untuk pertandingan melawan City di Wembley, Wenger membalas, "Kami akan (siap). Demikian juga Manchester City."
Keluarnya Giroud, untuk kemudian dimasukkannya Alex Oxlade-Chamberlain, membuat rekrutan baru senilai 30 juta pound Alexis Sanchez bergeser dari posisi penyerang kanan ke penyerang tengah.

Wenger cukup puas dengan penampilan Sanchez pada babak kedua, namun ketika ditanyai apakah mantan penyerang Barcelona itu dapat diharapkan bermain sebagai penyerang tengah pada basis reguler, ia menjawab, "Sejujurnya, saat ini saya belum tahu."
"Giroud tidak siap sama sekali. Saya pikir saya mengeluarkan dia karena ia terlihat tidak siap, dan itu merupakan kesempatan bagi saya untuk melihat Sanchez sebagai penyerang tengah."
"Kami terlihat lebih baik pada babak kedua dibanding pada babak pertama. Namun tentu saja itu karena Chamberlain memberi kami sesuatu yang kami perlukan - sejumlah penetrasi, sejumlah kekuatan."

"Apapun mungkin terjadi"
Wenger juga memuji Calum Chambers, rekrutan baru dari Southampton, yang tampil cukup mengesankan meski bermain bukan di posisi regulernya di bek tengah.

"Ia merupakan salah satu pemain yang pada dia pertandingan ini bermain sangat baik," kata pelatih Arsenal itu.

"Ia berusia 19 tahun, ia dapat tanpa berbicara, dan ia memainkan dua pertandingan bagus. Ia tidak terhapus oleh kualtias pertandingan, oleh lawan, untuk pertama kalinya di Stadion Emirates pada usia 19 tahun."
"Ia merupakan salah satu kepuasan pada akhir pekan."
Gol Falcao merupakan gol perdananya sejak ia mengalami cedera ligamen ikat pada lutut kirinya di pertandingan Piala Prancis yang berlangsung pada Januari, yang membuat dirinya absen di Piala Dunia.

Bintang Kolombia berusia 28 tahun itu kerap dikait-kaitkan dengan kepindahan ke Real Madrid, dan meski pelatih Leonardo Jardim menyebutnya sebagai "sangat diperlukan," ia juga mengakui bahwa "apapun mungkin terjadi khususnya di bursa transfer."
Falcao bereaksi penuh kegembiraan setelah menanduk bola yang menjadi satu-satunya gol pada menit ke-37, dan Jardim berkata bahwa perayaan gol sang penyerang merefleksikan rasa leganya setelah harus absen selama lebih dari enam bulan.
"Kami tahu bahwa Falcao, sebagai pemain internasional dengan kualitas hebat, merupakan pemain yang mendapat banyak tekanan atas apa yang ia lakukan," kata pria asal Portugal itu.

"Dengan sekian lama absen dari lapangan, kemarin merupakan pengalaman unik saat kembali ke lapangan dan hari ini merupakan pengalaman unik untuk mencetak gol perdananya."
"Tentu saja pengalamannya terhadap hal itu dan sikapnya atas hal itu merupakan hal unik baginya. Mudah-mudahan ini akan menjadi awal dari datangnya banyak hal hebat."
(H-RF)
(Uu.SYS/C/A.R.A Adipati/A/J. Suswanto)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014