Binjai, 11/6 (Antara) - Menjelang bulan suci Ramadhan 1435 Hijriah harga sayur mayur dan kebutuhan rumah tangga di Kota Binjai, dilaporkan mulai naik.

"Harga sayur mayur dan kebutuhan rumah tangga mulai naik," kata salah seorang pedagang Pasar Tavip, Wati di Binjai, Rabu.

Menurut dia, harga sayur mayur dan kebutuhan rumah tangga naik lebih dari 50 persen bila dibandingkan dengan dua pekan sebelumnya.

Ia menyebut contoh, harga wortel naik dari harga Rp5.000 per kilogram (kg) menjadi Rp 18.000/kg, tomat dari Rp5.000 menjadi Rp 15.000/kg, cabai merah dari Rp20.000 menjadi - Rp 30.000/kg, cabai rawit dan cabai hijau mengalami kenaikan sekitar Rp2.000 per kg.

Sementara volume pasokan sayur mayur ke Binjai dan sekitarnya, dilaporkan relatif terbatas akibat belum optimalnya pasokan dari semtra produksi di Kabupaten Karo yang sebagian wilayah itu belum lama ini dilanda erupsi Gunung Sinabung.

Sedangkan harga bawang putih mengalami kenaikan hingga 100 persen, yakni dari Rp10.000 menjadi Rp 20.000/kg dan bawang merah bertahan di kisaran Rp8.000/kg.

Wati memperkirakan, kenakan harga sayur mayur tersebut berkaitan erat dengan faktor semakin dekatnya bulan puasa Ramadhan.

"Situasi seperti ini memang selalu terjadi saat hari besar keagamaan, termasuk menjelang bulan Ramadhan" ujarnya.

Dikatakannya, kenaikan harga sayur mayur dan bahan kebutuhan pokok rumah tangga kemungkinan bakal naik hingga beberapa hari menjelang bulan puasa Ramadhan. (KR-IFZ)

Editor: T. Nico Adrian

Pewarta: Imam Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014