Oleh Waristo
Pematangsiantar, 10/4 (Antarasumut) - Bank Indonesia mengadakan seminar penguatan ekonomi daerah Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun, Kamis.

"seminar ini salahsatu upaya BI dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan pengembangan UMKM melalui informasi hasil penelitian," ujar Deputi Direktur Kantor Perwakilan (KPw) BI Pematangsiantar Elly Tjan.

Deputi Direktur ini menyampaikan pihaknya telah melakukan penelitian dari dua sisi yang saling mendukung yakni ketahanan pangan komoditas beras dan pentingnya kerja sama regional untuk peningkatan daya saing.

"Penelitian kita lakukan pada tahun 2013 bersama lembaga penelitian dan pengembangan masyarakat Universitas Simalungun dan tim peneliti Unimed," sebut Elly Tjan.

Untuk LPPM USI meneliti tentang model penguatan ketahanan pangan komoditi beras di Kabupaten Simalungun. Sedangkan Unimed meneliti analisa kerja sama perdagangan antardaerah, disparitas harga dan kebijakan Kota Pematangsiantar.
"Kami berharap hasil penelitian ini dapat menjadi salahsatu referensi bagi pemerintah daerah dalam membuat kebijakan publik serta bermanfaat bagi masyarakat luas," ujar Elly Tjan.

Pewarta: Waristo

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014