Langkat, Sumut, 18/1 (Antara) - Sebanyak 100 stand instansi pemerintah, Polri, TNI dan swasta meriahkan hari jadi kabupaten Langkat Sumatera Utara ke 264, dengan memamerkan berbagai keberhasilan yang diraih daerah itu selama kepemimpinan Bupati Haji Ngogesa Sitepu.
"Ada 100 stand yang turut memeriahkan hari jadi Langkat ke 264," kata Kepala Bahagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Langkat Rizal Gunawan Gultom di Stabat, Sabtu.
Pameran yang menampilkan berbagai produk kerajinan tangan, pertanian, perikanan, peternakan, maupun berbagai hasil pembangunan dibuka Wakil Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, katanya.
Rizal Gunawan Gultom menjelaskan bahwa pameran pembangunan ini dilaksanakan hingga 20 Januari mendatang di alun-alun Amir Hamzah Stabat.
"Ribuan masyarakat Langkat setiap harinya memenuhi stand pameran, untuk melihat berbagai hasil produk lokal Langkat yang juga sudah merambah ke berbagai daerah maupun luar negeri," ungkapnya.
Secara terpisah Wakil Gubernur Smatera Utara Tengku Erry Nuradi yang membuka pameran mengatakan bahwa Langkat merupakan sumber energi bagi Sumatera Utara, terbukti pada aad ke 18 ditemukan sumur minyak yang menjadi terbesar di Indonesia, tepatnya di Pangkalan Brandan.
Saat ini juga Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) sedang dalam proses pembangunan yang berlokasi di Pangkalan Susu walau masih terdapat sejumlah kendala.
Erry Nuradi mengungkapkan transmisi yang memiliki tenaga 2 x 200 megawatt itu akan menjadi pemasok energi bagi Sumatera Utara dan dapat mengatasi krisis energi sementara yang belakangan ini sering terjadi.
"Untuk itu mari kita dukung pembangunannya, agar dapat sama dirasakan manfaatnya bagi seluruh masyarakat yang ada di Sumatera Utara ini," katanya.
Pelaksanaan pameran pembangunan secara umum menampilkan kreasi dan informasi dari masing-masing instansi, kecamatan serta dunia usaha dan pada beberapa stand juga menggelar bazar dan doorprize bagi pengunjung.***2***

(T.KR-IFZ/B/M. Taufik/M. Taufik)

Pewarta: Imam Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014