Rantau Prapat, 11/12 (Antarasumut) – Kepengurusan Forum Masyarakat Madani (FMM) Generasi Expanding Maternal and Newborn Survival (EMAS) Kabupaten Labuhan Batu secara resmi terbentuk, Rabu.

Ketua FMM Generasi "EMAS" Labuhan Batu, Sabaruddin Marpaung didampingi Sekretaris Rony Afrizal, mengatakan, organisasi yang dipimpinnya akan merangkul semua lembaga yang ada demi memudahkan jalannya tugas pokok dan fungsi sesuai program yang ada.

Ia menjelaskan, pembentukan organisasi masyarakat itu dilatarbelakangi oleh program "EMAS" yang digagas oleh Badan Pembangunan Amerika Serikat (USAID).

"Kegiatan FMM Generasi "EMAS" diharapkan ikut berperan nyata menekan angka kematian ibu melahirkan dan anak yang baru dilahirkan," ujarnya.

Dijelaskannya, FMM Gen EMAS merupakan forum lintas agama.

"Forum ini sifatnya sosial. Kami berharap dukungan dan kerja sama dengan semua unsur untuk iktu bersama-sama berperan menekan angka kematian ibu melahirkan dan anak yang baru dilahirkan di Labuhan Batu," ujar Sabaruddin.

Sementara Ketua PD Muhammadiyah Labuhan Batu, Yursalim Nasution, mengatakan, pihaknya siap bekerjasama dengan USAID dalam program "EMAS".

Sedangkan Hamzah Syaibani Nasution selaku CSSC USAID "EMAS" Labuhan Batu, mengatakan, komposisi pengurus FMM Gen EMAS merupakan utusan dari TP-PKK, IBI, IDI, PMI, Muhammadiyah, Aisyiyah, NU, Muslimat NU, Alwashliyah, KNPI, MUI, MAPMI, PGI, GMI, SPI dan LPPA serta unsur media. (JG)

Pewarta: Joko Gunawan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013