Pematang Siantar, 15/10 (Antarasumut) - Malam takbiran dalam rangka menyambut Idul Adha 1434 Hijriyah di Kota Pematang Siantar, Senin malam, diikuti sejumlah warga, termasuk ratusan anak  dari Paguyuban Gang Bersama Kelurahan Bantan,Kecamatan Siantar Barat.

Pawai takbir dengan menggunakan mobil di deretan paling depan, ratusan anak mulai usia enam tahun hingga 12 tahun dengan didampingi para orang tua mereka berjalan kaki keliling kampung hingga sejauh satu kilometer sambil mengumandangkan asma Allah SWT.

Pawai takbir tersebut juga disemarakkan dengan membunyikan alat tabuh dari botol, botol plastik minuman, kaleng serta  membawa obor dari bambu.

"Acara ini kita adakan pada setiap tahun, setiap Idul Adha dan Idul Fitri untuk mengenalkan dan mengamalkan ajaran agama kepada anak-anak ," ujar Arief, warga Jalan Madura Bawah Gang Bersama.

Sementara pawai takbir untuk tingkat Kota Pematang Siantar dilepas Wakil Wali Kota Koni Ismail Siregar dari Jalan Merdeka depan Balai Kota menyusuri rute Jalan Wahidin, Jalan Tanah Jawa, Jalan Cokro, Jalan Sutomo, Jalan Sudirman, Jalan Gereja, Jalan SKI, Jalan Viyata Yuda, Jalan Sisingamangaraja USI, Jalan Rajamin Purba, Jalan Adam Malik dan kembali di Balai Kota.

Wakil Wali Kota mengajak umat Islam dan umat lain untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan, saling hormat menghormati, mempererat tali silahturami dan persaudaraan supaya Siantar tetap kondusif dan harmonis.

Pelepasan pawai itu dihadiri Kapolres Pematang Siantar AKBP Slamet Loesiono, Sekda Donver Panggabean, Ketua MUI M Ali Lubis, Ketua PHBI Armaya Natsir Siregar, Ketua PWI Siantar Simalungun Sunardinsyah, masyarakat, dan pimpinan beberapa organisasi masyarakat. (Wrt)

Pewarta: Waristo

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013