Medan, 1/6 (Antara)- Pemerintah berupaya pembangunan Jalan Tol Medan-Tebing Tinggi bisa lebih cepat untuk mendukung operasional Bandara Kualanamu pengganti Polonia Medan.

"Dibandingkan pembangunan Tol Medan-Binjai, diperkirakan lebih duluan rampung Jalan Tol Medan-Tebing Tinggi yang pembebasan lahannya sudah lebih banyak. Pemerintah Pusat dan Sumut sedang fokus pada kedua proyek itu," kata Sekretaris Daerah Sumut, Nurdin Lubis di Medan, Sabtu.

Pembangunan jalan tol itu sendiri sudah dipercayakan Pemerintah Pusat ke PT WIKA, yang merupakan BUMN.

Pemerintah daerah sendiri diberi tanggung jawab untuk membebaskan lahan, di mana dewasa ini sedang dalam proses.

"Pemprov Sumut berharap bisa segera menuntaskan pembebasan lahan baik milik perkebunan BUMN dan masyarakat, agar jalan tol itu segera dibangun," ucapnya.

Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Wilayah I Wijaya Seta mengakui, akan lebih duluannya pembangunan jalan Tol Medan-Tebing Tinggi daripada Medan-Binjai.

Alasan dia, pembebasan lahan untuk Tol Medan-Tebing sudah duluan dan lebih banyak yang sudah rampung.

"Pembangunan tol menunggu pembebasan lahan bisa 100 persen, karena tentunya tidak bisa membangun kalau masih ada kendala lahan," tuturnya.

Dia menyebutkan, lahan yang sudah dibebaskan mencapai 65 persen dari total lahan yang perlu dibebaskan sekitar 441,61 hektare.

"Semua lahan yang mau dibebaskan itu ada di Kabupaten Deli Serdang, Serdang Bedagai, dan Tebing Tinggi," paparnya.

Anggota DPD RI asal Sumut, Parlindungan Purba mengatakan, DPD RI terus berupaya melobi Pemerintah Pusat untuk lebih memperhatikan infrastruktur, khususnya jalan di Sumut.

"Diakui, infrastruktur Sumut jauh ketinggalan dari daerah lain di Jawa, bahkan di beberapa daerah Sumatera seperti Sumatera Barat. Padahal, Sumut menjadi andalan untuk pembangunan nasional di wilayah Koridor Sumatera," ujarnya.

Dia menegaskan, pihaknya juga siap membantu Pemerintah Provinsi Sumut untuk mempercepat pembebasan lahan dengan cara berdialog secara lebih terbuka kepada masyarakat tentang pentingnya dukungan membantu pembangunan di Sumut.

***3*** Chandra HN (T.E016/B/C. Hamdani/C. Hamdani) 01-06-2013 16:54:14

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013