Medan, 20/4 (Antara) - Partai Golkar tidak mencalonkan lagi calon gubernur Sumatera Utara Chairuman Harahap sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dalam Pemilihan Umum tahun 2014.

"Dengan keputusan DPP, beliau tidak dicalonkan lagi," kata Sekretaris DPD Partai Golkar Sumut HM Hanafiah Harahap usai menyerahkan daftar caleg sementera (DCS) di KPU Sumut di Medan, Sabtu.

Menurut Hanafiah, keputusan mencalonkan atau tidak mencalonkan kader sebagai caleg di lingkungan Partai Golkar telah memiliki prosedur dan pengkajian yang mendalam.

Karena itu, keputusan untuk tidak mencalonkan lagi Chairuman Harahap sebagai caleg DPR RI sudah melewati pengkajian, dan bukan berdasarkan penilaian subjektif.

Ketika ditanyakan kaitan kegagalan Chairuman Harahap dalam pemilihan gubernur Sumut, Hanafiah enggan memberikan jawaban secara pasti. "Bapak-bapak pasti lebih paham," katanya.

Begitu pula saat ditanyakan kemungkinan adanya keberatan dari Chairuman Harahap karena tidak didaftarkan lagi sebagai caleg DPR, ia mengatakan pihaknya belum menerima penjelasan yang bersangkutan secara langsung.

"Namun tampaknya beliau legowo dengan keputusan Partai Golkar," katanya.

Menurut catatan, anggota DPR RI dari Partai Golkar Chairuman Harahap menjadi cagub Sumut dalam pilkada yang diselenggarakan pada 7 Maret 2013 yang berpasangan dengan Ketua DPW Partai Persatuan Pembanguan (PPP) Sumut Fadly Nurzal.

Pilkada Sumut akhirnya dimenangkan pasangan Gatot Pujo Nugroho-Erry Nuradi yang didukung Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Hanura dengan peraihan 1.604.337 suara atau 33 persen.

Sedangkan pasangan Chairuman Harahap-Fadly Nurzal hanya meraih 452.096 suara atau 9,30 persen. ***1*** (T.I023/C/I. Sulistyo/I. Sulistyo) 20-04-2013 18:32:29

Pewarta: Irwan Arfa

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013