Toba Samosir, 3/4 (antarasumut)-Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) , Pemerintah Kabupaten Toba Samosir melalui Dinas Pendidikan, menggelar doa bersama yang dipusatkan di SMP Negeri 1, Siantar Narumonda, Rabu .

Kegiatan yang langsung dihadiri Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak didampingi Kadis Pendidikan, Dra. Mariani, MPd ini diikuti sekitar 1000 orang perwakilan pelajar  SD, SLTP, SMU, SMK se Toba Samosir serta para Kepala UPTD, kepala sekolah dan orang tua murid.

Mengawali Doa Bersama yang mengambil Motto “We Are Ready to Fight”, dilakukan ibadah singkat yang dipimpin Pdt. S. Silitonga, S.Th, dengan khotbah dari nats Alkitab Mazmur 21:25, yang berbunyi “Kuatkanlah dan Teguhkanlah Hatimu, Hai Semua Orang yang Berharap kepada Tuhan”. Pdt. S. Silitonga menghimbau agar para siswa yang akan menghadapi ujian  tekun belajar dan senantiasa mengandalkan Tuhan.

Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak  mengatakan, untuk memperoleh hasil ujian yang membanggakan, diharapkannya agar siswa  yang menghadapi UN dapat berkompetisi secara sehat dan mampu menjawab semua materi yang diujikan dengan menerapkan metode sebagaimana semboyan “Ora Et Labora” yang berarti Bekerja sambil Berdoa. Bupati juga mengajak para orang tua murid, untuk mampu mewujudkan philosophy Batak “Anakhon hi do Hamoraon Di Au”, yang mendorong semangat juang bagi para orang tua untuk mengupayakan anak-anaknya dapat menggapai pendidikan setinggi-tingginya.

Pada kesempatan tersebut, disamping memberikan “Boras Sipir Ni Tondi” (memberi restu,doa-red), Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak juga menyerahkan secara simbolis peralatan sekolah bagi perwakilan siswa yang akan mengikuti UN tersebut.

Untuk Pelaksanaan Ujian Nasional TP 2012/2013 di Kabupaten Toba Samosir, Kadis Pendidikan, Dra. Mariani, MPd menyebutkan, bahwa UN untuk tingkat SMA akan dilaksanakan pada 15 April s/d 18 April 2013.  Sedangkan untuk tingkat SMK akan dilaksanakan pada 15 April hingga 17 April 2013.

Lebih lanjut diuraikannya, UN tingkat SMP/MTS akan digelar pada 22 April hingga 25 April 2013 dan untuk tingkat SD/MI/SDLB akan dilangsungkan pada 6 Mei s/d 8 Mei 2013. Untuk peserta UN , Mariani menyebutkan, keseluruhan berjumlah 11.936 siswa dengan rincian, 2.133 siswa  peserta UN SMA, sebanyak 1.791 orang peserta UN SMK, sejumlah 3.789 siswa  peserta UN SMP/MTs dan sebanyak 4.243 orang peserta UN SD,MI, SDLB.

Pelaksanaan kegiatan Doa Bersama ini menurut Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan, merupakan upaya pemerintah daerah dalam mensukseskan pelaksanaan UN selain sebagai wujud kepedulian pemerintah dalam meneguhkan para siswa  untuk lebih tekun belajar dalam menghadapi ujian. Hal ini mengingat UN merupakan sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional yang sangat mempengaruhi tingkat mutu pendidikan.

Doa Bersama pemberangkatan menghadapi UN ini juga dihadiri Ketua DPRD Tobasa, Sahat Panjaitan, Wakil Ketua DPRD Rahmat K. Manullang, Ketua TP. PKK Ny. Netty Pandapotan Kasmin br. Pardosi, Ketua Dewan Pendidikan, Lambaik Manalu, Sekdakab Tobasa Liberty Manurung, Asisten Pemerintahan Wasir Simanjuntak, Sekwan Audi Murphy Sitorus, Kaban PPAKB dr. Frida Sinaga, pimpinan SKPD lainnya dan Kabag Humas dan Protokol Elisber Tambunan serta undangan lainnya. (ril)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013