Selasa, 17 Oktober 2017

Cynthia Simanjuntak Ingin Jadi Inspirator Kreatifitas Pemuda

| 181 Views
id Cynthia Simanjuntak Ingin Jadi Inspirator Kreatifitas Pemuda
Cynthia Simanjuntak Ingin Jadi Inspirator Kreatifitas Pemuda
Cynthia Simanjuntak, saat memberikan pelatihan kepada masyarakat dalam mengolah limbah kotoran ayam menjadi pupuk organik cair di Kecamatan Sipahutar, Taput. (Antara/Rinto Aritonang/Ist)
Saya ingin menjadi salah satu inspirasi pemuda dalam meningkatkan kreatifitas
Tarutung, 12/10 (Antara) - Cynthia Simanjuntak, pemuda pelopor Tapanuli Utara yang terpilih mewakili Sumatera Utara ke tingkat Nasional 2017 berhasrat untuk menjadi inspirator bagi peningkatan kreatifitas pemuda nusantara, khususnya generasi muda Tapanuli.

“Saya ingin menjadi salah satu inspirasi pemuda dalam meningkatkan kreatifitas,” ujar Chyntia, Kamis.

Harapnya, melalui karya yang telah dipersembahkan, seluruh pemuda Indonesia, khususnya pemuda Tapanuli Utara senantiasa terus bersemangat dalam menemukan inovasi baru.

Cynthia terpilih sebagai wakil Sumatera Utara dalam ajang Pemuda Pelopor Tingkat Nasional 2017 Bidang Inovasi Teknologi yang akan dilaksanakan pada 12 hingga 15 Oktober di Jakarta.

Sebelum meraih posisi tersebut, Cynthia berhasil unggul pada seleksi tingkat provinsi yang diikuti 24 peserta perwakilan dari 12 Kabupaten/Kota se-Sumut.

Alhasil, inovasi dan usahanya dalam pengolahan pakan ternak organik, juga pengelolaan limbah kotoran ayam menjadi bokashi padat dan bokashi cair menggunakan tekhnologi hasil inovasinya, sukses merebut nilai penentu dari tim ”Fact Finding” Kementerian Pemuda dan Olahraga yang  meninjau langsung hasil inovasi dimaksud.

Selain dua hal diatas, kepeloporan gadis yang menyandang gelar Sarjana Pertanian ini juga mahir dalam pembuatan jamu organik, aktif dalam pembudidayaan ayam kampong , serta memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat.

“Sejak Januari 2016, saya telah membuka usaha sendiri, yakni UD Thia Organik. Saya terinspirasi untuk memanfaatkan potensi alam seperti limbah-limbah pertanian untuk kembali dapat dimanfaatkan,” terangnya

Keseluruhan karya dan inovasi kerja Cynthia menghantarkan dirinya menjadi salah satu mitra pemerintah daerah dalam bidang pertanian.

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017