Selasa, 17 Oktober 2017

Bappeda Launching E Arsip

| 137 Views
id Launching E Arsip, Bappeda, Terapkan Teknologi
Bappeda Launching E Arsip
Asmar Hidayat Siregar, S.STP, Sekretaris Bappeda Pemkot Padangsidimpuan, saat memaparkan penggunaan E Arsip. (antarasumut/Khairul Arief)
Permasalahan yang sering terjadi kerena lemahnya pengarsipan dokumen dan surat-surat penting, sehingga muncul ide untuk membuat program e-arsip di Bappeda, Pemkot Padangsidimpuan
Padangsidimpuan, 12/10 (Antarasumut)- Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Pemerintah Kota Padangsidimpuan laksanakan Launching E Arsip, di Kantor Bappeda, Komplek Pijorkoling, Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Kamis.

Dalam laporan, Asmar Hidayat Siregar, S.STP, Sekretaris Bappeda Pemkot Padangsidimpuan selaku Inisiator E Arsip Bappeda, mengatakan, banyaknya saat ini jumlah dokumen dan surat penting yang dibuat dalam kegiatan adminstrasi intansi khususnya Bappeda memicu suatu masalah.

Permasalahan yang sering terjadi kerena lemahnya pengarsipan dokumen dan surat-surat penting, sehingga muncul ide untuk membuat program e-arsip di Bappeda, Pemkot Padangsidimpuan.

Asmar Hidayat Siregar yang didampingi Kasubbid Ekonomi dan SDA Guswan Arisandi SE, MM, menambahkan, berkas-berkas penting sering kali rusak bahkan hilang ketika disimpan, hal inilah yang melatar belakangi pentingnya perbuatan suatu sistem pengarsipan yang terintegrasi dalam suatu aplikasi secara elektronik dan berbasis WEB.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Padangsidimpuan, Pemkot Padangsidimpuan, Ar Marjoni, tujuan baru ini bagian baru dalam program di lingkungan Bappeda agar segala arsip surat tersimpan secara baik dengan elektronik.

Bergantinya pun nantinya Kepala Dinas, Kepala Badan dan pejabat SKPD, masih tetap tersimpan secara utuh dalam arsip elektronik, ucapnya.

Pemerintah sendiri telah telah mengeluarkan kebijakkan tentang kearsipan yaitu undangan-undang nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan. Surat-surat itu penting sehingga muncullah suatu ide atau gagasan dari inisiator Asmar Hidayat agar arsip, dokumen tersimpan secara elektronik yang berbasis WEB.


Kedepan harus bisa juga hal ini teraktualisasi di masing-masing SKPD agar dapat diterapkan, saat ini masih lingkungan Bappeda dulu sebagai pelopornya.

Turut hadir dalam launching tersebut, Asisten I, II, III dan peserta dari masing-masing SKPD.

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017