Selasa, 17 Oktober 2017

IKM Medan Didorong Menembus Pasar Internasional

| 199 Views
id ikm medan, pasar internasional
Medan, 28/9 (Antara) - Produk industri kecil dan menengah Kota Medan didorong untuk bisa menembus pasar nasional maupun internasional sehingga mampu mendongkrak perekonomian pengusaha kecil di daerah itu.

Kepala Dinas Perindustrian Kota Medan Zulkifli Sitepu di Medan, Kamis, mengatakan, pihaknya terus mendorong pengusaha industri kecil untuk melakukan terobosan terutama dalam produk yang dihasilkan sehingga bisa menembus dan bersaing ketat dalam pasar nasional maupun internasional.

"Untuk itu kami akan terus melakukan pematangan dan pembinaan kepada kelompok industri kecil dan menengah yang ada," katanya.

Ia mengatakan Kota Medan memiliki banyak produk-produk unggulan dan potensial dari industri kecil maupun menengah di berbagais ektor seperti tekstil, makanan sampai kerajinan tangan.

Produk-produk tersebut tentunya harus didukung oleh kualitas sumber daya manusia itu sendiri, sehingga dapat mengolah serta menghasilkan suatu produk unggulan yang berbeda dari daerah-daerah lainnya.

Untuk itulah pihaknya baru-baru ini menggelar Gebyar Produk IKM yang dirangkai dengan pelatihan bagi pelaku industri kecil dan menengah dengan harapan dapat meningkatkan keterampilan mereka.

Ia menyampaikan pada era serba modern ini, pelaku industri kecil dan menengah harus meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam menghasilkan produk-produk unggulannya, baik itu makanan maupun kerajinan tangan.

Termasuk memanfaatkan media internet dalam melakukan promosi secara online dengan demikian kerja sama antara pelaku industri kecil dan menengah dengan semua pihak dapat berjalan lancar.

"Insya Allah itu tentunya akan berdampak dengan peningkatan pendapatan keluarga kelompok-kelompok IKM yang ada di Kota Medan," katanya.***3***

(T.KR-JRD/C/B015/B015) 28-09-2017 12:09:44

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017