Sabtu, 23 September 2017

Polres Labuhanbatu Bangun "Rest Area" Untuk Minimalisir Lakalantas

| 164 Views
id Resr area,labuhanbatu
Rantauprapat, 12/9 (Antarasumut) - Polisi Resor (Polres) Labuhanbatu akan membangun tempat istirahat "rest area" bagi penguna jalan lintas Sumatera (Jalinsum) untuk meminimalisasi angka kecelakaan lalulintas (Lakalantas) di daerah.

Kapolres Labuhanbatu AKBP. Frido Situmorang, Selasa di Rantauprapat mengatakan, kepolisian berupaya meningkatkan pelayanan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dengan membangun titik-titik tempat istirahat untuk mengevaluasi Lakalantas.

Pihaknya berupaya mencari tempat jenuh dan rawan Lakalantas bagi supir dari arah Utara dan Selatan yang melewati Jalinsum, yakni di Kab. Labura di Desa Siamporik Kualuh Selatan dan Desa Simanga-manga Aek Natas dan Kab. Labusel di Kecamatan Cikampak.

"Kita berupaya mencari tempat rest area yang pas dan tempat merupakan  waktu lelah sopir dari Medan ke Pekan Baru ataupun sebaliknya," katanya.

Dia menjelaskan, tempat istirahat itu untuk akan di lengkapi fasilitas kesehatan, tempat makan hingga Musholah yang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan untuk melanjutkan perjalanan, karena dari hasil evaluasi Lakalantas terjadi terjadi akibat sopir kendaraan jarak jauh kelelahan.

Frido menambahkan, meminimalisir Lakalantas dibutuhkan kerjasama semua pihak diantaranya masyarakat dan pemerintah daerah. Menurutnya, denga sinergitas itu dapat menekan angka kecelakaan di wilayah hukum Polres Labuhanbatu.

"Kita sudah komunikasi dengan Dishub Labura, untuk sementara kendaraan diwajibkan masuk terminal sambil menunggu persiapan lahan dan untuk Kab. Labusel sedang meninjau lokasi," katanya.

Kasat Lantas Polres Labuhanbatu AKP. Sawangin Manurung menambahkan, masyarakat yang mengunakan Jalinsum di wilayah itu agar memanfaatkan fasilitas 'rest area' untuk beristirahat. 

Dia berharap dengan dibangunnya fasilitas tersebut, faktor kecelakaan diantaranya akibat kelalaian manusia ataupun faktor kendaraan bisa dicegah. "Penguna jalan harus berhati-hati, taati peraturan berlalulintas," imbau Sawangin.

Dari data yang peroleh, jumlah Lakalantas di Wilayah hukum Polres Labuhanbatu Agustus 2017 menurun 43,75 persen dari segi kuantitas. Sedangkan dari segi kualitas korban meninggal dunia/fatalitas menurun 36,6 persen dari tahun 2016.

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017