Sabtu, 23 September 2017

UISU Baca Alfatiha Buat Muslim Rohingya

| 238 Views
id Uisu, muslim rohingya, alfatiha
 UISU Baca Alfatiha Buat Muslim Rohingya
. (Rel)
Medan, 6/9 ( Antarasumut) - Sebanyak 1856 mahasiswa baru Universitas Islam Sumatera Utara yang terdiri dari 9 fakultas dan 32 Prodi merasa prihatin sekaligus membacakan Alfatiha buat ribuan muslim Rohingya yang
teraniaya, terzalimi, dan terusir dari negaranya sendiri, Myanmar.

Pembacaan Alfatihah dipimpin BEM UISU, Agung Mardani Syahputra pada acara Ta’aruf mahasiswa baru TA 2017/2018 di kampus Jalan SM Raja Medan, Selasa (5/9). 

     Turut hadir dalam acara itu, Rektor UISU Prof. Dr. Ir. Mhd Asaad, MSi, Koordinator Kopertis Wilayah I Prof. Dr
Dian Armanto, Ph.D, Pangkosek Hanudnas III, Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso, MM,MTR.

Perwakilan Kodam, Kol Chandra Wirawan SH, Perwakilan Poldasu, AKBP Hartini, MPSi,Perwakilan BNN Propsu Kombes Pol. Bambang Setiawan, Ketua Umum Yayasan UISU Prof. Dr Zainuddin, dan Ketua Pembina Hamdy Oesman Delikan Alhajj. Selain itu hadir seluruh jajaran

Pembantu Rektor UISU, Dr Liesna Andriani, MPd., Drs. Asnawati Matondang, MSP, Prof. Dr. Efendi barus, Drs. Syarifuddin Elhayat, MA. Ketua Lembaga, Dekan fakultas di lingkungan
UISU, Ketua Prodi, dosen dan pegawai. 

Pembacaan itu dipimpin Agung saat memberikan sambutan pada kegiatan Taaruf yang berlangsung selama 2 hari (5-6 September). 

Hal itu sebagai bentuk kepedulian sekaligus keprihatinan terhadap tragedi yang menimpa warga Muslim Rohingya di Rakhine State Myanmar yang banyak mendapat sorotan public internasional.

Sementara itu, Koordinator Kopertis Prof. Dr. Dian Armanto, Ph.D saat member sambutan langsung memanggil perwakilan mahasiswa masing-masing fakultas untuk melakukan dialog.

Dialog interaktif yang dipandu langsung Koordinator Kopertis Wilayah I berlangsung meriah karena berusaha menggali motivasi mahasiswa. Baik motivasi dalam memilih perguruan tinggi
maupun motivasi dalam menentukan Program Studi masing-masing. 

Sebagai cindramata, Prof Dian Armanto memberikan ballpoinntya kepada salah seorang perwakilan mahasiswa.

 “Ini bukan sembarang pulpen. Ini pulpen professor,”ujarnya disambut tepuk tangan mahasiswa. Diikuti Rektor UISU dan Pangkosekhanudnas III yang ikut ke depan memberikan penghargaan dan menyalami masing-masing perwakilan mahasiswa. 

Pada saat yang sama, Rektor UISU Prof Dr. Ir. Mhd Asaad, MSi dalam sambutannya berharap masa taaruf menjadi masa perkenalan di kalangan mahasiswa baru.

Termasuk pengenalan terhadap dosen dan pegawai di lingkungan UISU, sehingga tidak lagi merasa terasing di
lingkungan UISU. 

Para mahasiswa baru diharapkannya dapat menyelesaikan studinya dengan
baik tepat waktu, sehingga kelak para mahasiswa baru juga akan tampil meneruskan perjuangan
bangsa menjadi bangsa yang maju dan bermartabat.

Pada kesempatan itu Rektor juga memaparkan tentang keberhasilan UISU memperoleh akreditasi institusi nilai B, dan beberapa Prodi juga telah memperoleh akreditasi B. 

Ditargetkan pada 2025 akreditasi institusi UISU akan menjadi nilai A.

Sedangkan Ketua Umum Yayasan UISU, menegaskan bahwa UISU yang berdiri sejak 1951 hingga 2017 teta eksis. Dia juga berharap agar mahasiswa baru tersebut dapat menyelesaikan studinya dengan tepat waktu. 

Tips supaya sukses menyelesaikan studi menurut dia, pertama harus tahu diri sebagai mahasiswa terkait dengan berbagai aturan, kedua, tidak henti-henti
belajar, ketiga harus mampu bangus sikap pribadi yang baik, sopan santun dan saling
menghormati, dan tidak lupa setiap hari berdoa untuk berbagai kegiatan yang positif. 

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017