Sabtu, 23 September 2017

PELAJAR SMP-SMA LOMBA ALEGORIS HUT RI

| 460 Views
id pelajar,smp,sma,lomba,alegoris,hut,ri
PELAJAR SMP-SMA LOMBA ALEGORIS HUT RI
Pragmen "Tragedi 10 November" diperagakan pelajar peserta lomba alegoris HUT RI ke 72 di Kota Tanjungbalai (Antarasumut/Yan Aswika)
"Masing-masing juara tingkatan mendapat tropi, uang pembinaan dan sertifikat"
Tanjungbalai,15/8 (Antarasumut) - Puluhan kelompok pelajar SMP dan SMA sederajat di Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara, mengikuti pawai dan lomba alegoris menyambut HUT Kememerdekaan Republik Indonesia ke 72 tahun 2017.

Lomba yang digelar Dinas Pendidikan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekdakot Tanjungbalai Abdi Nusa, Selasa, dengan melepas peserta lomba dari depan rumah dinas Wali Kota Tanjungbalai untuk melintasi rute yang ditentukan panitia.

Ketua panitia Buchori Ginting Suka mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengingatkan seluruh kalangan tentang jasa dan perjuangan pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan.

Selain itu, lomba juga bertujuan untuk menanamkan semangat jiwa patriotisme bagi pelajar Kota Tanjungbalai dalam mengisi kemerdekaan yang diraih atas pengorbanan harta, benda mau pun nyawa para pejuang.

Menurut Buchori yang juga Kepala Seksi SMP Dinas Pendidikan Tanjungbalai itu, ada tiga aspek penilaian terhadap atraksi alegoris, yaitu kesesuaian kostum dan properti, akting dan penghayatan, serta kesesuaian materi dan thema.

"Masing-masing juara tingkatan mendapat tropy, uang pembinaan dan sertifikat," kata Buchori.

Pantauan dilapangan, usai melintasi rute pawai pada garis finis di depan makam Pahlawan daerah setempat para peserta alegoris secara bergantian memperagakan pragmen tentang perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Editor : Akung

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017