Rabu, 23 Agustus 2017

Perlindungan Anak Dimulai Dari Keluarga

| 377 Views
id perlindungan anak, labuhanatu
Perlindungan Anak Dimulai Dari Keluarga
. (Antarasumut/Kurnia)
Rantauprapat, 9/8 (Antarasumut) - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu memperingati Hari Anak Nasional (HAN) untuk menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif seluruh komponen masyarakat 

Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap, Rabu di Lapangan Ika Bina Rantauprapat mengatakan dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk anak serta memberikan informasi tentang pentingnya membangun karakter anak melalui peningkatan pengasuhan keluarga yang berkualitas.

Dia menyampaikan, keluarga merupakan tempat pendidikan pertama bagi proses tumbuh kembang anak, yang akan memberi pengaruh secara langsung kepada masa depan anak.

Menurutnya, jika keluarga membentuk karakter yang baik bagi, maka anak akan mengerti bagaimana bertindak dan bersikap sesuai etika dan norma yang ada. 

"Sikap yang ditunjukkan oleh keluarga akan menjadi tauladan yang nyata bagi anak," kata Pangonal.

Dia mengatakan, tidak semua keluarga mempunyai kualitas sesuai yang diharapkan diantaranya masih banyak keluarga indonesia yang tergolong tidak sejahtera, peningkatan kasus kekerasan terhadap anak perdagangan anak, pornografi.

Dimana anak bukan hanya sebagai korban. Namun, menjadi pelaku yang disebabkan kurang komunikasi dalam keluarga, masalah tersebut harus kita cari jalan keluarnya.

Untuk itu, peran keluarga sangat diperlukan dalam mengasuh anak sesuai dengan prinsif yang digunakan dalam pembangunan anak indonesia yang mengacu pada konvensi hak anak yaknk, Non Diskriminasi, Kepentingan terbaik bagi anak, Hak hidup, Kelangsungan hidup dan perkembangan serta menghargai pendapat anak.

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017