Rabu, 23 Agustus 2017

Medan Jajaki "sister City" Roston On Don

| 391 Views
id Sister city medan
Medan, 6/8 (Antara) - Pemko Medan tengah menjajaki kerja sama dengan salah satu Kota di Rusia yakni Roston on Don dalam bentuk "sister city" yang bertujuan dalam upaya untuk mengembangkan sekaligus memajukan kedua kota.

Humas Pemkot Medan dalam siaran pers, Minggu menyebutkan bahwa Wali kota Medan Dzulmi Eldin telah menandatangani kesepakatan untuk bekerja sama dengan Wakil Wali Kota Rostov on Don, Mr Dmitriy Chernyshov di Hermitage Garden, Kota Moskow, Rusia, Sabtu (5/8).

Dalam kesepakatan yang ditandatangani tersebut, baik Eldin maupun Dmitriy sepakat ingin bersama membangun kerjasama dalam pengembangan kedua kota yang selaras dan saling menguntungkan.

Penandatanganan kesepakatan ini bisa terwujud difasilitasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow dan pihak Kementrian Luar Negeri (Kemenlu).

Eldin mengatakan Kota Medan dan Kota Roston on Don telah menyatakan keinginannya untuk menjajaki kemungkinan pembentukan kerjasama sister city.

Guna mewujudkan hal itu, Wali Kota mengatakan telah menyerahkan draft Letter of Intent (LoI) untuk pertumbangan lebih lanjut dari kedua belah pihak.

Selanjutnya dalam pertemuan dengan Wakil Wali Kota Roston on Don, jelas Wali Kota, mereka sama-sama telah mengindentifikasikan sektor kerjasama yang memungkinkan dapat mendukung membangun hubungan baik dengan berdasarkan prinsip kesetaraan dan keuntungan bersama untuk pengembangan kedua kota.

Selain itu dalam pertemuan tersebut, Pemkot Medan juga juga telah mengekspresikan minat bersama untuk mempromosikan persahabatan antar kedua kota melalui pembentukan kerjasama sister city.

Hal itu untuk meningkatkan pengertian bersama melalui diskusi dan konsultasi reguler mengenai program pertukaran dan kerjasama tertentu, serta melakukan upaya yang tiada henti untuk mengembangkan hubungan persaudaraan.

Eldin juga menyampaikan baik dirinya maupun Wakil Wali kota Roston on Don juga telah bersepakat tentang detail dari elemen-elemen yang memungkinkan dan ruang lingkup kerjasama yang dapat didiskusikan untuk dirumuskan dalam draf pada waktunya.

Hal itu demi memenuhi kebutuhan kelanjutan dan prosedur internal masing-masing untuk meningkatkan Memorandum of Understanding (MoU).

Yang terakhir, dirinya bersama Wakil Wali Kota Roston on Don dalam kesepakatan itu menyampaikan komitmen bersama utuk melakukan kerjasama yang disepakati melalui koordinasi reguler difasitasi saluran diplomatik yang diselenggarakan oleh Menteri Luar Negeri Indonesia dan Kementrian Luar negeri Federasi Rusia.***2***

(T.KR-JRD/B/M019/M019) 06-08-2017 18:20:12

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017