Rabu, 18 Oktober 2017

Pelabuhan Muara Segera Dibangun Percepat Pengembangan Wisata

| 906 Views
id Pelabuhan Muara Segera Dibangun Percepat Pengembangan Wisata
Pelabuhan Muara Segera Dibangun Percepat Pengembangan Wisata
Bupati Taput Nikson Nababan mendengarkan paparan rencana realisasi pembangunan pelabuhan Muara dari rombongan Kementerian Perhubungan yang didampingi Kadis Perhubungan Pemkab Taput, Erikson Siagian, di Rumah Dinas Bupati Taput, Rabu (2/8/2017). (ANTARASUMUT/ Rinto Aritonang/Ist)
Pembangunan ini akan mempercepat pengembangan wisata di Kabupaten Tapanuli Utara
Tarutung, 3/8 (Antara) – Realisasi pembangunan pelabuhan Muara di Kecamatan Muara, Tapanuli Utara akan diwujudkan kementerian perhubungan sebagai langkah mempercepat pengembangan kawasan wisata danau toba.

“Pembangunan ini akan mempercepat pengembangan wisata di Kabupaten Tapanuli Utara khususnya Kecamatan Muara,” ujar Bupati Nikson, Kamis, mengapresiasi rencana realisasi pembangunan pelabuhan Muara yang akan diwujudkan tahun ini.

Disebutkan, realisasi pembangunan pelabuhan ini akan sejalan dengan keberadaan Bandara Silangit sebagai pintu masuk menuju destinasi pariwisata Danau Toba.

“Terimakasih atas respon cepat ini. Hal ini sangat berarti bagi masyarakat Taput,” sebutnya.

Sebelumnya, penegasan akan realisasi pembangunan pelabuhan telah dipaparkan oleh rombongan Kementerian Perhubungan yang telah melaksanakan tahapan awal, yakni survei lapangan atas rencana dimaksud.

Kasie Pelabuhan Sungai Danau Direktorat Prasarana Perhubungan Darat, M. Basuki Wibowo di Rumah Dinas Bupati Taput, Rabu (2/8), menyebutkan, langkah yang telah dilakukan pihaknya adalah sertifikasi penyerahan lahan pelabuhan ke Kementerian Perhubungan.

Hal tersebut dilanjutkan dengan pembuatan ‘masterplan’ untuk detail desain secara menyeluruh atas lokasi pelabuhan untuk mengakomodir kapal wisata dan kapal rakyat.

Desain yang diakomodir meliputi ‘landscape’ dan perkerasan lapangan parkir, pagar di area darat dan dermaga, pengadaan lampu penerangan jalan umum menggunakan ‘solar cell’, ‘gangway’ untuk akses keluar masuk penumpang dari dan ke kapal yang dilengkapi dengan pagar dan kanopi, juga penyesuaian ‘signpost’ pelabuhan.

Realisasi pembangunan ini akan menjadikan pelabuhan Muara sebagai pelabuhan penyeberangan, juga akan dipergunakan sebagai pelabuhan kapal rakyat dan pelabuhan penunjang wisata.

Editor : Akung

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017