Rabu, 18 Oktober 2017

Pemain Asing Ramaikan Methodist 2 Hawks

| 634 Views
id basket, methodist hawks
Pemain Asing Ramaikan Methodist 2 Hawks
. (Antarasumut/jrd)
Medan, 30/7 (Antara) - Sejumlah pemain asing dipastikan akan turut meramaikan turnamen basket bertajuk Elang Cup II yang akan digelar di GOR Angkasa Lanud pada 7-12 Agustus 2017.

"Ada sekitar 20 pemain asing yang tergabung dalam tim-tim peserta turnamen," kata Ketua Panitia Turnamen Basket Elang Cup II/2017, Ming San, di Medan, Minggu.

Turnamen yang digelar untuk kedua kalinya itu akan diikuti delapan tim, empat diantaranya merupakan tim asal Kota Medan dan empat lagi merupakan kontestan Indonesian Basketball League (IBL).

Turnamen ini akan menghadirkan bintang-bintang basket dari Indonesia Basketball League maupun para mantan pemain nasional serta pemain dari luar Indonesia seperti asal Amerika Serikat, China, dan Filipina.

Delapan tim yang berpartisipasi dalam turnamen tahun kedua ini adalah tuan rumah Methodist 2 Hawks, Pasific Caesar, X Micro, Alumni Sutomo di Pool A, lalu Satya Wacana, CLS Knight, Garuda Bandung, CSP Devils di Pool B.

"Banyak pemain impor, baik dari tingkat nasional maupun luar negeri yang ikut bergabung dengan klub peserta. Hal ini tentunya akan menambah ketat dan menariknya setiap pertandingan," katanya.

Ming San menjelaskan dalam turnamen itu, panitia memang mewajibkan tim-tim asal Kota Medan, yakni Methodist 2 Hawks, Alumni Sutomo, dan CSP Devils menggunakan jasa pemain asing.

"Ini dimaksudkan untuk mengimbangi kekuatan klub-klub asal Pulau Jawa yang merupakan kontestan IBL. Sedangkan bagi klub di luar Medan tidak diwajibkan namun diperbolehkan memainkan pemain asing," jelasnya.

Turnamen tersebut menyediakan total hadiah uang tunai Rp50 juta rupiah dan panitia juga akan memilih pemain terbaik atau Most Valuable Player (MVP).

"Untuk menyemarakkan turnamen juga digelar three point contest yang akan diikuti pemain lokal. Untuk menjaga kualitas pertandingan, panitia akan menggunakan enam wasit IBL dan tiga wasit lokal Sumut," katanya.

Sementara Sekum Pengprov Perbasi Sumut, Darsen Song, mengatakan pihaknya sangat mendukung penuh digelarnya turnamen tersebut.

Dia berharap turnamen ini bisa menjadi agenda rutin guna lebih menggelorakan olahraga basket di Medan.

"Prinsipnya kami beri dukungan dan apresiasi kepada Methodist 2 Hawks menggelar turnamen bermutu dan berkualitas ini dengan menghadirkan sejumlah klub IBL. Tidak hanya saat ini saja, kita harapkan turnamen ini bisa berkelanjutan," katanya.

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017