Jumat, 20 Oktober 2017

Bupati:Salut! Ummat Kristiani Berbaur Buka Puasa Bersama Muslim

| 443 Views
id berita sumut, tapsel, bupati tapsel
Bupati:Salut! Ummat Kristiani Berbaur Buka Puasa Bersama Muslim
Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan H.Syahrul M.Pasaribu SH (antarasumut/kodir)
Tapanuli Selatan,19/6(Antarasumut)-Tingginya kerukunan antar/inter ummat beragama khususnya di Kecamatan Tantom Angkola menjadikan kebanggan tersendiri Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu.

Realita itu setelah melihat ummat kristiani yang berbaur dengan ummat muslim pada acara berbuka puasa bersama Bupati Tapanuli Selatan dikunjungan Safari Ramadhan 1438 H/2017 M hari ke-12 di Mesjid Al- Awaluddin Desa Aek Uncim Kecamatan Tano Tombangan Angkola, Minggu.

"Saya bangga dan salut masyarakat hidup berdampingan rukun dan damai dan saling menghargai di dalam keberagaman tanpa memandang agama adat dan budaya,"sebutnya.

Bupati Syahrul menilai bingkai kebhinekaan sudah benar-benar merasuk didalam jiwa masing-masing warga khususnya di Desa Aek Ucim Tano Tombangan Angkola, Tapanuli Selatan khususnya terletak pada sila pertama Pancasila Ketuhanan Yang Maha Esa.

"Maknanya mari kita masing-masing menjalankan agama sesuai kepercayaan dan keyakinan kita masing-masing tanpa saling menyalahkan dan mengganggu,"jelas Bupati.

Bahkan diharap para Ulama, Sittua, Pendeta dan Tokoh masyarakat khususnya di desa itu untuk tetap menjaga bahkan meningkatkan kekompakan guna menjaga kebhinekaan tersebut dalam rangka percepatan pembangun daerah.

Sisi lainnya Bupati dua periode tersebut menyinggung jauhnya perubahan pembangunan di Kecamatan Tantom Angkola saat ini,"terus terang sebelum menjadi Bupati saya ketika masih duduk di DPRD Sumut 2009 silam sudah berpikir tentang perubahan itu,"ungkapnya.

Lebih jauh berjanji selama kepemimpinan sebagai Bupati dua periode belum berakhir hingga Tahun 2021 pembangunan khususnya Infrastruktur jalan di wilayah Tantom Angkola bisa tuntas dengan hotmix.

Seperti biasa setiap dalam kunjungan Bupati menyalurkan bantuan Pemkab berupa uang tunai Rp 600 ribu untuk masing-masing 18 orang fakir miskin/jompo miskin.

Badan Amil Zakal Nasional (Baznas) membantu masing-masing 10 orang fakir miskin sebesar Rp 500 ribu, Badan Kontak Majelis Taklim Tapanuli Selatan membantu kepada 10 orang jompo miskin anggota BKMT kecamatan sebesar

Rp 100 ribu/orang serta Lembaga Pemberdayaan Perempuan Lanjut Usia (LPPLU) Tapsel menyerahkan bantuan sembilan bahan pokok kepada delapan orang lanjut usia.

Selanjutnya usai shalat mahgrib isya lanjutt ke tarawih bersama Bupati juga menyerahkan bantuan untuk pembangunan Masjid Al- Awaluddin senilai Rp 10 juta kepada nazir masjid ditambah satu buah rak buku beserta 555 buah buku dari Dinas Perpustakaan dan Arsip disumbangkan untuk perpustakaan Desa Aek Uncim.

Sementara itu Tausiah agama yang disampaikan Al- Ustadz H. Abdul Jalil Matondang mengajak jamaah untuk memperbanyak amalan seperti membaca ayat suci Al-Quran dan Shalat Sunat mengisi bulan Ramadhan.

Hadir diacara tersebut bersama Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu Wakil Bupati Tapanuli Selatan Aswin Efendi Siregar, Sekda Tapsel Parulian Nasution, Wakil Ketua MUI Tapsel DR. H. Nurdin Sihotang, sejumlah pejabat eselon dan undangan lainnya.

Editor : Akung

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017