Minggu, 20 Agustus 2017

Pelindo 1 Benahi Pelabuhan Belawan

| 663 Views
id pelindo
Medan, 15/6 (Antara) - PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo 1 tidak hanya melakukan persiapan menyambut Idul Fitri 1438 Hijriah, tetapi juga pembenahan Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara, sebagai bagian dari program memodernisasi pelayanan

"Saat ini Pelindo sedang melakukan pembangunan Dedicated Terminal berupa Terminal CPO Antar Pulau dan CAR Terminal," kata Sekretaris Pelindo 1 M. Eriansyah di Medan, Kamis.

Pembangunan Terminal CPO Antar Pulau, kata dia, untuk menambah kepastian bongkar muat CPO menjadi sebesar 1,8 juta per tahun.

Selain itu, katanya, dengan CAR terminal tersebut, menambah kapasitas bongkar muat kendaraan yang semakin meningkat setiap tahun.

Ia menjelaskan penataan yang sedang dilakukan adalah terminal holtikultura, yaitu dengan membangun "cold storage" untuk memfasilitasi produk-produk holtikultura para petani Sumatera Utara (Sumut).

Komoditas itu, kemudian dikirim keluar Sumut sehingga bisa menekan biaya logistik produk holtikultura karena produk tersebut dapat langsung disimpan di Pelabuhan Belawan.

"Pelindo juga sedang membangun terminal multipurpose Pelabuhan Belawan yang terdiri dari Terminal Curah Kering, Terminal General Kargo, dan Terminal Industri Kimia Dasar (IKD)," ucapnya.

Eriansyah mengatakan dengan adanya terminal multipurpose akan meningkatkan produktivitas dan kelancaran operasional bongkar muat barang.

Selain itu, katanya, menambah kapasitas bongkar muat komoditas, baik curah kering maupun general kargo, di Pelabuhan Belawan.

"Pembangunan `shorebase terminal` juga dilakukan untuk terciptanya konsolidasi kegiatan `shorebase` menjadi lebih tertata dan terpusat pada satu terminal `shorebase`," kata mantan Kepala Humas Pelindo 1 itu.

Pelayanan Pelindo 1, meliputi pelayanan kapal, pelayana barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya.

Pelindo mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia.

Saat ini, pihaknya sedang mengembangkan Pelabuhan Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat, serta mempunyai pintu utama ekspor CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui Pelabuhan Belawan dan Dumai. ***1***

(T.M034/B/M029/M029) 15-06-2017 07:35:15

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017